Contoh Laporan Aktualisasi Latsar CPNS
LAPORAN AKTUALISASI
PENINGKATAN KUNJUNGAN PASIEN KE POLI
GIZI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH PANEMBAHAN SENOPATI MENGGUNAKAN POJOK MEDIA GIZI
DISUSUN
OLEH
Nama :
Diah Nurul Fathoni
Kelas : B
No Absen : 26
PUSAT PENGEMBANGAN SUMBER DAYA
MANUSIA
KEMENTERIAN DALAM NEGERI
REGIONAL YOGYAKARTA
TAHUN 2019
KATA
PENGANTAR
Puji
syukur alhamdulillah penulis panjatkan kepada Allah SWT yang dengan rahmat dan
ridha-Nya, penulis dapat menyelesaikan laporan aktualisasi dengan judul
“Peningkatan Kunjungan Pasien ke Poli Gizi Rumah Sakit Umum Daerah Panembahan
senopati Menggunakan Pojok Media Gizi” sebagai persyaratan untuk menyelesaikan
kegiatan Latihan Dasar CPNS Golongan III di Pusat Pengembangan Sumber Daya
Manusia Kementerian Dalam Negeri Regional Yogyakarta. Shalawat serta salam semoga Allah curahkan
kepada Rasulullah Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, keluarga, para
sahabat, serta pengikutnya yang setia hingga akhir zaman.
Penulis
menyadari bahwa dalam penyusunan laporan aktualisasi ini tidak terlepas dari
bantuan dan
dukungan dari Pambudi, SKM, MMR. selaku mentor dan Kepala Seksi Bagian
Penunjang Medis RSUP Panembahan Senopati, dan Dwi Krisna Wirawati, S.IP, M.Si.
selaku Coach yang telah membimbing,
memberi motivasi, mencurahkan segenap dukungan moral dan material dengan tulus
ikhlas hingga laporan kegiatan aktualisasi ini dapat diselesaikan.
Penulis juga ingin mengucapkan terimakasih yang setulus-tulusnya kepada :
- Dr.
Ir. Suroyo, M.Si. selaku Kepala PPSDM Kemendagri Regional Yogyakarta
- Dr.
I Wayan Marthana WK, Sp.THT,M.Kes. selaku Direktur Rumah Sakit Umum Daerah
Panembahan Senopati
- Diah
Yuliantina W, S.SiT. selaku Kepala Instalasi Gizi Rumah Sakit Umum Daerah
Panembahan Senopati
- Dra. Nanik Widyaningsih, M.Si. selaku
penguji
- Penulis
juga mengucapkan terima kasih kepada rekan-rekan di Rumah Sakit Umum
Daerah Panembahan Senopati serta semua pihak yang telah membantu, semoga
Allah Subhanahu wa Ta’ala membalas dengan kebaikan yang melimpah.
Penulis
menyadari bahwa dalam penulisan laporan kegiatan aktualisasi ini masih jauh
dari kesempurnaan, namun penulis berharap semoga laporan kegiatan aktualisasi
ini dapat bermanfaat bagi pihak-pihak yang berkepentingan.
Yogyakarta, Mei
2019
Penulis
DAFTAR
ISI
HALAMAN
SAMPUL ......................................................................................................... ..... 1
BERITA
ACARA .......................................................................................................................
2
LEMBAR PENGESAHAN
………..…………………………...…………………...................
3
KATA
PENGANTAR
................................................................................................................ 4
DAFTAR ISI
.............................................................................................................................. 5
DAFTAR GAMBAR
...…………………………………………………………...................... 7
DAFTAR TABEL
........…………………………………………………………...................... 8
BAB I.
PENDAHULUAN ................................................................................. ........................ 9
A. Latar Belakang
..................................................................................................................... 9
B. Tujuan Aktualisasi ............................................................................................................... 11
C. Ruang Lingkup Aktualisasi.................................................................................................. 12
1.
Wilayah ........................................................................................................................... 12
2.
Batas Waktu .................................................................................................................... 12
3.
Kegiatan yang
dilakukan.................................................................................................. 12
BAB II. GAMBARAN UMUM RSUD
PANEMBAHAN SENOPATI .................................... 13
A. Deskripsi
RSUD Panembahan Senopati ............................................................................. 13
1. Sejarah
Singkat Berdirinya Organisasi ......................................................................... 13
2. Landasan
Hukum Berdirinya Rumah Sakit ................................................................... 14
3. Struktur
Organisasi RSUD Panembahan Senopati ........................................................ 15
4. Visi,
Misi, Tujuan, dan Nilai RSUD Panembahan Senopati ......................................... 16
a. Visi
.......................................................................................................................... 16
b. Misi
.......................................................................................................................... 16
c. Tujuan
...................................................................................................................... 16
d. Nilai
.........................................................................................................................
16
B. Tugas
dan Fungsi RSUD dan Seksi Penunjang Klinik RSUD Panembahan Senopati ....... 17
1. Tugas
RSUD Panembahan Senopati ............................................................................. 17
2. Fungsi
RSUD Panembahan Senopati ............................................................................ 17
3. Tugas
Seksi Penunjang Klinik
...................................................................................... 17
4. Fungsi
Seksi Penunjang Klinik
..................................................................................... 17
C. Tugas
dan Tanggung Jawab Nutrisionis/Ahli Gizi ............................................................. 18
BAB
III. RANCANGAN AKTUALISASI ................................................................................ 20
BAB IV. PELAKSANAAN
AKTUALISASI .............……………………......…………......... 24
A.
Capaian Aktualisasi
............................................................................................................. 24
B.
Analisis Dampak .................................................................................................................
38
BAB V. PENUTUP .................................................................................................................... 44
A.
Kesimpulan ........................................................................................................................ 44
B.
Saran .................................................................................................................................. 44
DAFTAR PUSTAKA
DAFTAR
GAMBAR
Gambar 1. Struktur Organisasi
RSUD Panembahan Senopati
.................................................... 15
Gambar
2. Kordinasi dan konsultasi dengan mentor .................................................................. 26
Gambar
3. Koordinasi terkait rencana program inovasi dengan Kepala Instalasi Gizi
............... 27
Gambar
4. Koordinasi dan konsultasi terkait rencana peningkatan kunjungan pasien ................
27
Gambar
5. Desain poster yang direvisi atasan dan mentor .......................................................... 29
Gambar
6. Catatan revisi desain poster dan leaflet
....................................................................... 29
Gambar 7. Desain Poster yang digunakan untuk pojok media gizi .............................................. 30
Gambar 8. Desain Leaflet yang digunakan untuk pojok media
gizi ............................................ 30
Gambar
9. Berkoordinasi dengan bagian PK-RS untuk perizinan .............................................. 32
Gambar 10. Banner dan poster yang dipasang di Poliklinik Anak .............................................. 32
Gambar 11. Banner dan poster di Poliklinik Bedah dan Penyakit
Dalam .................................... 33
Gambar 12. Banner dan poster yang dipasang di Poliklinik
Jantung ........................................... 33
Gambar 13. Leaflet poli Gizi yang diletakkan di Poliklinik ......................................................... 34
Gambar 14. Leaflet poli Gizi yang di upload ke website .............................................................. 34
Gambar 15. Evaluasi
Kegiatan dengan Atasan ............................................................................. 36
Gambar 16. Data Kunjungan Pasien ke Poli
Gizi ......................................................................... 36
Gambar 17.
Pelaporan hasil aktualisasi pada Kepala Instalasi Gizi ............................................. 37
DAFTAR
TABEL
Tabel 1. Rancangan
Aktualisasi ……………………….............................................................. 20
Tabel 2. Kegiatan
Aktualisasi 1 ……………………….............................................................. 25
Tabel 3. Kegiatan
Aktualisasi 2 ……………………….............................................................. 26
Tabel 4. Kegiatan
Aktualisasi 3 ……………………….............................................................. 28
Tabel 5. Kegiatan
Aktualisasi 4 ……………………….............................................................. 31
Tabel 6. Kegiatan
Aktualisasi 5 ……………………….............................................................. 35
Tabel 7. Kegiatan
Aktualisasi 6 ……………………….............................................................. 37
Tabel 8. Analisis
Dampak apabila Nilai Dasar ANEKA Tidak Dilaksanakan ............................ 38
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Berdasarkan UU Nomor 5
Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara disebutkan bahwa Aparatur Sipil Negara
(ASN) adalah Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Pegawai Pemerintah dengan
Perjanjian Kerja (PPPK) yang bekerja pada instansi pemerintah. Pegawai Negeri Sipil (PNS) merupakan unsur utama sumber daya manusia dari Aparatur Sipil
Negara yang memiliki peranan penting dalam menentukan keberhasilan pembangunan
dan penyelenggaraan pemerintahan. Oleh karena itu diperlukan pegawai negeri
sipil yang memiliki kompetensi, sikap dan perilaku yang penuh kesetiaan dan
ketaatan kepada negara, bermoral dan bermental baik, profesional, bertanggung
jawab sebagai pelayan publik, serta mampu menjadi perekat persatuan dan
kesatuan bangsa. Untuk dapat membentuk PNS dengan nilai-nilai tersebut, perlu
dilaksanakan pembinaan melalui jalur Pelatihan Dasar (Latsar) Calon Pegawai
Negeri Sipil (CPNS).
Berdasarkan
Peraturan
Pemerintah No. 101 Tahun 2000 tentang pendidikan dan pelatihan jabatan Aparatur Sipil Negara (Pegawai Negeri Sipil),
latsar adalah syarat bagi
Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil, dengan
tujuan untuk memberikan pengetahuan dalam
pembentukan wawasan kebangsaan, kepribadian dan etika Pegawai Negeri Sipil,
pengetahuan dasar tentang sistem penyelenggaraan pemerintahan negara, bidang
tugas dan budaya organisasinya supaya mampu melaksanakan tugas dan perannya
sebagai pelayan masyarakat. Berdasarkan
Peraturan Pemerintah No. 101 Tahun 2000, Latsar CPNS (Golongan I, II, dan III)
bertujuan untuk :
·
Meningkatkan
pengetahuan, keahlian, keterampilan dan sikap untuk dapat melaksanakan tugas
secara profesional dengan dilandasi kepribadian dan etika Pegawai Negeri Sipil
(PNS) sesuai dengan kebutuhan instansi.
·
Menciptakan
aparatur yang mampu berperan sebagai pembaharu dan perekat persatuan dan
kesatuan bangsa.
·
Memantapkan
sikap dan semangat pengabdian yang berorientasi pada pelayanan, pengayoman, dan
pemberdayaan masyarakat.
·
Menciptakan
kesamaan visi dan dinamika pola pikir dalam melaksanakan tugas pemerintahan
umum dan pembangunan demi terwujudnya kepemerintahan yang baik.
Latsar CPNS memiliki sedikitnya 10
jam Materi Pelatihan Dasar sebagai nilai-nilai dasar PNS yang terdiri atas
dinamika kelompok, bela negara, wawasan kebangsaan, manajemen
aparatur sipil negara, isu kontemporer, A.N.E.K.A yang terdiri
atas Akuntabilitas
(A), Nasionalisme (N), Etika Publik (E), Komitmen Mutu (K), dan Anti Korupsi
(A), whole of government, pelayanan publik, dan
program kokurikuler: kerja bakti, senam kesegaran jasmani (SKJ), pelatihan
baris-berbaris, apel dan tata upacara sipil, dan ibadah. Selanjutnya, diberikan
tugas untuk menyusun rancangan aktualisasi guna mengimplementasikan materi yang
telah diberikan, sesuai dengan isu atau masalah yang ada di instansi satuan
kerja masing-masing peserta latsar. Adapun kurikulum yang
digunakan adalah 20 hari on campus dan 31 hari off
campus. On campus adalah Latsar yang diselenggarakan di
pusat pelatihan instansi yang mengharuskan peserta Latsar CPNS menginap di
asrama yang telah disediakan dengan kegiatan kelas dan program kokurikuler.
Sedangkan off campus adalah Latsar yang diselenggarakan di
instansi satuan kerja (satker) masing-masing peserta latsar. Adapun off
campus merupakan bagian dari pelaksanaan Aktualisasi yang akan
diujikan/diseminarisasi kembali di pusat pelatihan instansi setelah pelaksanaan
aktualisasi.
Aktualisasi
yang dilaksanakan berdasarkan salah satu isu yang diangkat dari instansi satuan
kerja yaitu Rumah Sakit Umum Daerah Panembahan Senopati. Dari beberapa isu,
diambil satu isu penting yaitu rendahnya kunjungan pasien ke poli gizi Rumah Sakit
Umum Dareah Panembahan Senopati. Pelayanan gizi di rumah sakit penting untuk
dilakukan karena merupakan salah satu faktor penunjang yang membantu
mempercepat penyembuhan pasien, karena proses penyembuhan penyakit pasien
sangat dipengaruhi oleh status gizi pasien (Mawarningsih dkk., 2008). Untuk
mencapai status gizi pasien yang baik, diperlukan upaya pelayanan paripurna
dengan memberikan asuhan medis, asuhan perawatan, dan asuhan gizi (Depkes, 2003).
Salah satu kegiatan asuhan gizi yang penting untuk diberikan, baik pada pasien
rawat jalan, maupun rawat inap adalah konsultasi gizi. Saat ini, umumnya pasien
melakukan konsultasi gizi mayoritas melalui rujukan polikilinik rumah sakit,
walaupun jumlahnya tidak terlalu banyak, sedangkan yang berasal dari rujukan
swasta ataupun inisiatif sendiri masih sangat kurang. Hal ini menyebabkan
jumlah kunjungan pasien ke poli gizi hanya bergantung pada banyaknya dokter
poliklinik rumah sakit yang merujuk pasien untuk melakukan konsultasi gizi
(Depkes, 2003).
Perhatian
dari pemegang kebijakan tentang nutrisi oleh dokter yang diharapkan merujuk
pasien ke poli gizi masih kurang. Hal ini akan berdampak pada rendahnya jumlah kunjungan
pasien ke poli gizi. Kunjungan pasien ke poli gizi selain dipengaruhi oleh
pengetahuan, sikap dan persepsi dokter, juga ditentukan oleh persepsi pasien
dalam memutuskan untuk melakukan konsultasi gizi. Selain itu juga dipengaruhi
oleh diagnosis penyakit terutama yang memerlukan diet khusus (Mawarningsih
dkk., 2008). Oleh karena itu, diambil gagasan pemecahan isu berupa inovasi yaitu
dengan meningkatkan kunjungan pasien ke Poli Gizi Rumah Sakit Umum Daerah
Panembahan Senopati menggunakan pojok media gizi. Diharapkan dengan dilakukan
inovasi tersebut dapat meningkatkan kunjungan pasien ke poli gizi RSUD
Panembahan Senopati, sehingga dapat berkontribusi dalam upaya mencapai tujuan
rumah sakit yaitu mampu memberikan pelayanan kesehatan secara cepat dan tepat
sesuai standar pelayanan dengan didukung oleh sumberdaya yang profesional.
B. Tujuan Aktualisasi
Berdasarkan
usulan gagasan untuk pemecahan isu dan strateginya melalui pikiran konseptual
dan/atau aktivitas-aktivitas kegiatan peserta Pelatihan Dasar Calon PNS
Golongan III di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bantul ini, aktualisasi
merupakan bentuk kemampuan peserta dalam menerjemahkan teori ke dalam praktik,
mengubah konsep menjadi konstruk, menjadikan gagasan sebagai kegiatan. Adapun
tujuan dari kegiatan aktualisasi ini yaitu :
1. Memahami
pembelajaran yang diperoleh saat pelaksaan pembelajaran dikelas mengenai mata
pelatihan Pelayanan Publik, Managemen ASN, Komitmen Mutu, Akuntabilitas, dan
Etika Publik dengan mengaplikasikannya langsung di lingkungan kerja RSUD
Panembahan Senopati
2. Memecahkan
isu mengenai rendahnya kunjungan pasien ke poli gizi RSUD Panembahan Senopati dengan meningkatkan kunjungan pasien
ke poli gizi RSUD Panembahan Senopati menggunakan pojok media gizi
3. Membuat
laporan aktualisasi sebagai kegiatan akhir dari proses Pelatihan Dasar Calon
PNS Golongan III di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bantul
C. Ruang Lingkup Aktualisasi
Ruang
lingkup dari pelaksanaan aktualisasi ini meliputi :
1. Wilayah
Pelaksanaan
aktualisasi nilai-nilai dasar ini dilakukan di Instalasi Gizi RSUD Panembahan
Senopati Bantul.
2. Batas Waktu
Batas waktu yang telah ditentukan untuk melaksanakan
aktualisasi nilai-nilai dasar ini adalah selama off kampus atau tepatnya dari tanggal
19 Maret 2019 sampai 13 Mei 2019.
3. Kegiatan Yang Dilakukan
Pembuatan poster cetak dan soft file serta leaflet mengenai profil poli gizi yang akan
dipasang di pojok media gizi yang berada di poli yang berwenang merujuk pasien
ke Poli Gizi RSUD Panembahan Senopati dan di upload ke website RSUD Panembahan Senopati
BAB
II GAMBARAN UMUM
RUMAH SAKIT UMUM DAERAH PANEMBAHAN
SENOPATI
A. Deskripsi RSUD Panembahan Senopati
1.
Sejarah
Singkat Berdirinya Organisasi
Pada tahun 1953 didirikan
rumah sakit darurat di desa Trirenggo, Kecamatan Bantul atas dasar pemikiran
Pemerintah Daerah Kabupaten Bantul bersama Dinas Kesehatan Rakyat. Pada tahun
1956, rumah sakit tersebut berubah menjadi rumah sakit pembantu, yang kemudian
terus berkembang menjadi Rumah Sakit Umum pada tahun 1957. Pada tahun 1978,
status Rumah Sakit Bantul menjadi kelas D berdasarkan Surat Keputusan Kantor
Wilayah Departemen Kesehatan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta Nomor:
02028/Kanwil/Izin/1978, tanggal 13 September 1978 tentang status Rumah Sakit
Bantul menjadi kelas D. pada tahun 1993, status RSUD Bantu meningkat menjadi
kelas C berdasarkan Persetujuan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor:
B-142/1/1993 dan Surat Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor:
202/Menkes/SK.II1993. Karena peningkatan kelas tersebut, Menteri Dalam Negeri
RI mengeluarkan Surat Keputusan Nomor 22 tahun 1994 tentang Pedoman Organisasi
dan Tata Kerja Rumah Sakit Umum Daerah.
Berbagai strategi
digunakan dalam rangka merubah brand image masyarakat terhadap RSUD Kabupaten
Bantul antara lain dengan pemberian nama baru menjadi Rumah Sakit Umum Daerah
(RSUD) Panembahan Senopati. Nama “Panembahan Senopati” diresmikan oleh Sri
Sultan Hamengku Buwono X selaku Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta pada tanggal
29 Maret 2003 dan ditetapkan dengan Surat Keputusan Bupati Bantul Nomor 43 a
tahun 2003. Pada tahun 2007, berdasarkan Surat Keputusan Menteri Kesehatan RI
Nomor: 142/Menkes/SK/I/2007 tanggal 31 Januari 2007 tentang penigkatan kelas
RSUD Panembahan Senopati Milik Pemerintah Kabupaten Bantul Provinsi D.I Yogyakarta, maka kelas
RSUD Panembahan Senopati ditingkatkan menjadi kelas B Non Pendidikan. Strategi
lain guna meningkatkan citra Rumah sakit Umum Daerah adalah dengan mengadakan
sayembara “LOGO RUMAH SAKIT UMUM PANEMBAHAN SENOPATI” yang diikuti oleh peserta
dari DIY dan Jateng, dimenangkan oleh peserta dari Magelang. Penetapan LOGO
dengan Surat keputusan Bupati Bantul Nomor 124 Tahun 2007.
Berdasarkan keputusan
Bupati Bantul nomor 195 tahun 2009, RSUD Panembahan Senopati ditetapkan sebagai
rumah sakit yang menerapkan Pola Pengelolaan Keungan Badan Layanan Umum Daerah
(PPK-BLUD). Selanjutnya, tahun 20120, RSUD Panembahan Senopati mengikuti
akreditasi rumah sakit pendidikan dan lulus sesuai dengan Keputusan Menteri
Kesehatan Republik Indonesia Nomor : HK.03.05/III/431/12 Tentang Penetapan
Rumag Sakit Umum Daerah Panembahan Senopati Bantul sebagai Rumah Sakit
Pendidikan Utama Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas
Muhammadiyah Yogyakarta dan sebagai Rumah Sakit Pendidikan Utama. Hal ini
dilakukan untuk mendukung peningkatan mutu dan kemampuan pelayanan kesehatan dari
tenaga medis. Pada tanggal 14 April 2015 telah mendapatkan Sertifikat
Akreditasi dari Komite Akreditasi Rumah Sakit (KARS) dengan predikat
“Paripurna”.
2.
Landasan
Hukum Berdirinya Rumah Sakit
Dasar hukum berdirinya
Rumah Sakit Umum Daerah Panembahan Senopati yaitu :
1. Undang-undang
Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan
2. Undang-undang
Republik Indonesia Nomo 44 tahun 2009 tentang Rumah Sakit
3. Surat
Keputusan Menteri Kesehatan RI nomor 142/Menkes/SK/I/2007 tentang peningkatan
Kelas RSUD Panembahan Senopati Milik Pemerintah Kabupaten Bantul Provinsi DIY
4. Peraturan
Daerah Nomor 12 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susuna Perangkat Daerah
Kabupaten Bantul
5. Peraturan
Bupati Bantul Nomor 70 Tahun 2014 tentang Tata Kelola Rumah Sakit Umum Daerah
Panembahan Sebopati Kabupaten Bantul yang selanjutnya diubah dengan Peraturan
Bupati Bantul Nomor 25 tahun 2015 tentang Perubahan Atas Peraturan Bupati
Bantul Nomor 70 Tahun 2014 tentang Tata Kelola Rumah Sakit Umum Daerah
Panembahan Senopati Kabupaten Bantul.
6. Peraturan
Bupati Bantul Nomor 146 Tahun 206 tentanf Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas
dan Fungsi, serta Tata Kerja Rumah Sakit Umum Daerah Panemahan Senopati
Kabupaten Bantul
7. Keputusan
Bupati Bantul Nomor 195 Tahun 2009 tentang Penetapan Pengelolaan Keuangan Badan
Layanan Umum Daerah (PPK-BLUD) Rumah Sakit Umum Daerah Panembahan Senopati
Kabupaten Bantul
8. Izin
Pendirian dari Dinas Kesehatan DIY Nomor : 445/9539/V.2 Tanggal 21-12-2009
3.
Struktur
Organisasi RSUD Panembahan Senopati
4.
Visi,
Misi, Tujuan, dan Nilai RSUD Panembahan Senopati
a.
Visi
Terwujudnya Rumah Sakit
Yang Unggul dan Menjadi Kebanggan Seluruh Masyarakat
b.
Misi
1. Memberikan
pelayanan prima pada pelanggan
2. Meningkatkan
profesionalisme sumber daya manusia
3. Melaksanakan
peningkatan mutu berkelanjutan dalam Pleayanan Kesehatan, Pendidikan dan
Penelitian
4. Meningkatkan
jalinan kerjasama dengan mitra terkait
5. Meningkatkan
ketersedian sarana prasarana yang berkualitas
6. Menyelenggarakan
tata kelola keungan yang sehat untuk mendukung pertumbuhan organisasi
c.
Tujuan
Menjadi rumah sakit yang
mampu memberikan pelayanan kesehatan secara cepat dan tepat sesuai standar
pelayanan rumag sakit dengan didukung oleh sumber daya yang professional
d.
Nilai
Nilai mencerminkan apa
yang boleh dan tidak boleh dilakukan oleh anggota organisasi dalam melaksanakan
Misi untuk mencapai Visi. RSUD Panembahan Senopati menentapkan Nilai berjumlah
5 (lima) yaitu :
·
Jujur
·
Rendah hati
·
Kerjasama
·
Profesional
·
Inovasi
B. Tugas dan Fungsi RSUD Panembahan
Senopati dan Seksi Penunjang Klinik RSUD Panembahan Senopati
1.
Tugas
RSUD Panembahan Senopati
Berdasarkan Peraturan Bupati Bantul
Nomor 147 Tahun 2016, tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi,
serta Tata Kerja Rumah Sakit Umum Daerah Panembahan Senopati Kabupaten Bantul, RSUD
memiliki tugas membantu Bupati dalam menyelenggarakan pelayanan kesehatan
perorangan secara paripurna.
2.
Fungsi
RSUD Panembahan Senopati
Dalam melaksanakan tugas, RSUD
Panembahan Senopati menyelenggarakan fungsi :
a. Perumusan
kebijakan teknis bidang pelayanan rumah sakit;
b. penyelenggaran
pelayanan pencegahan, pengobatan, penyembuhan, dan pemulihan kesehatan;
c. pelaksanaan
pemeliharaan dan peningkatan kesehatan perorangan;
d. pelaksanaan
pelayanan kesehatan;
e. penyelenggaraan
pendidikan dan pelatihan sumber daya manusia;
f. penyelengaraan
penelitian pengembanggan serta penapisan teknologi bidang kesehatan;
g. penyelenggaraan
pengabdian masyarakat;
h. pembinaan
dan pengendalian pelayanan RSUD;
i.
penyelenggaraan kesekretariatan RSUD; dan
j.
pelaksanaan fungsi lain yang diberikan
oleh Bupati terkait dengan tugas dan fungsinya.
3.
Tugas
Seksi Penunjang Klinik
Seksi Penunjang klinik memiliki tugas
melaksanakan kebijakan dan pelayanan teknis dibidang penunjang klinik
4.
Fungsi
Seksi Penunjang Klinik
Dalam melaksanakan tugas sebagaimana
dimaksud pada ayat (3), Seksi Penunjang klinik menyelenggarakan fungsi sebagai berikut
:
a. Penyusunan
rencana kegiatan seksi
b. Penyiapan
bahan kerja
c. Penyiapan
bahan penyusunan sistem dan standar operasional prosedur dalam rangka
meningkatkan tugas dan fungsi
d. Pengkoordinasian
pelaksanaan tugas instalasi Farmasi, Instalasi Gizi, Instalasi Rekam Medik,
Unit Sterilisasi Sentral (Central Sterilization
Support Department/CSSD), dan Unit Bank Darah Rumah Sakit, serta
Instalasi/Unit lain yang ditetapkan Direktur
e. Pengkoordinasian
pelaksanaan sistem informasi manajemen
f. Penyusunan
usulan kebutuhan sarana dan prasarana, pegawai dan peralatan
g. Pemberian
saran dan/atau pertimbangan kepada Kepala Bidang mengenai langkah atau tindakan
sesuai bidang tugasnya
h. Pelaksanaan
invetarisasi, identifikasi, dan penyiapan bahan pemecahan masalah sesuai bidang
tugasnya
i.
Pelaksanaan evaluasi dan pelaporan
pelaksanaan tugas seksi
j.
Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan
Kepala Bidang sesuai tugas dan fungsinya
C. Tugas dan Tanggung Jawab Nutrisionis/Ahli
Gizi
Tugas
dan tanggung jawab ahli gizi meliputi :
1. Melakukan
kegiatan penyelenggaraan makanan, meliputi :
a. Membuat
siklus menu 10 hari dan melakukan evaluasi setiap 6 bulan
b. Melakukan
modifikasi resep masakan
c. Membuat
rencana anggaran belanja bulanan
d. Membuat
bon pemesanan bahan makanan
e. Menerima
dan mengecek bahan makanan sesuai spesifikasi
f. Menyiapkan
bahan makanan untuk makan pagi, siang, dan malam pasien
g. Melakukan
pengawasan racikan untuk persiapan diit pagi, siang, dan malam
h. Melakukan
uji cita rasa organoleptik
i.
Melakukan pengawasan distribusi diit di
dapur instalasi gizi sesuai dengan jenis diit pasien
2. Menulis
jumlah dan kenis diit per bangsal pada buku diit dan membuat laporan triwulan
3. Menulis
menu harian di papan menu
4. Melakukan
standar keamanan pangan dan hyegene sanitasi, meliputi HACCP dan Skor Keamanan
Pangan
5. Melaksanakan
kegiatan asuhan gizi rawat inap, meliputi :
a. Melakukan
pengkajian data
b. Menentukan
status gizi pasien secara antropometri
c. Melakukan
recall makanan pasien
d. Menerjemahkan
preskripsi diit ke dalam bentuk makanan yang sesuai dengan diit pasien
e. Menentukan
preskripsi diit awal/sementara bilamana belum ada preskripsi diit dari dokter
f. Mengkomunikasikan
terapi diit kepada semua tim asuhan gizi
g. Mencocokan
pemesanan diit pasien dari bangsal sesuai dengan jenis penyakit pasien
h. Melakukan
konsultasi, penyuluhan gizi dan memberikan motivasi pada pasien dan keluarganya
i.
Melakukan monitoring dan evaluasi
pelayanan gizi pasien
6. Melakukan
kegiatan asuhan gizi rawat jalan, meliputi :
a. Melakukan
pengkajian data
b. Menentukan
status gizi secara antropometri
c. Melakukan
recall makanan pada pasien
d. Melakukan
konsultasi, penyuluhan gizi dan memberikan motivasi pada pasien dan keluarganya
(menuliskan asuhan gizi ADIME di CPPT)
7. Melakukan
kegiatan penelitian dan pengembangan gizi
BAB
III RANCANGAN AKTUALISASI
Unit
Kerja : Instalasi Gizi RSUD Panembahan Senopati
Isu
yang diangkat : Kunjungan pasien ke poli gizi RSUD
Panembahan Senopati masih rendah
Gagasan
Pemecahan Isu : Meningkatkan kinjungan pasien ke poli gizi RSUD Panembahan
Senopati menggunakan pojok media gizi
Tabel 1. Rancangan Aktualisai
No
|
Kegiatan
|
Tahapan Kegiatan
|
Output
|
Keterkaitan Substansi Mata Pelatihan
|
Kontribusi terhadap Tupoksi Organisasi
|
Penguatan Nilai Organisasi
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
1.
|
Melakukan konsultasi dan koordinasi terkait isu dan program
inovasi dengan mentor
|
1.
Meminta izin serta menyampaikan maksud dan tujuan
terkait isu yang diangkat kepada mentor
2.
Menyampaikan paparan program inovasi terkait isu
3.
Menindaklanjuti program sesuai arahan
|
Maksud dan tujuan dapat tersampaikan serta
memperoleh arahan pelaksanaan program oleh atasan
|
Etika publik
Komunikasi yang baik antara pimpinan dan bawahan
serta antar pegawai
Akuntabilitas
Turut berkontribusi pada isu di unit kerja sebagai
wujud tanggung jawab dan partisipasi
Anti korupsi
Berpartisipasi dan peduli terhadap permasalahan atau
isu di unit kerja
|
Komunikasi yang baik akan menyamakan persepsi antar pegawai
untuk mencapai tujuan organisasi
|
Adanya
komunikasi yang baik akan mendorong terbentuknya ASN yang profesional dan
berintegritas dalam melaksanakan tugas pelayanan terhdap masyarakat
|
2.
|
Melakukan koordinasi dengan kepala instalasi gizi
dan ahli gizi yang bertugas dipoli gizi
|
1.
Melakukan koordinasi dengan kepala instalasi gizi dan
ahli gizi yang bertugas dipoli gizi mengenai isu kunjungan pasien ke poli
gizi RSUD panembahan senopati masih rendah
2.
Membuat rencana untuk meningkatkan kunjungan pasien
ke poli gizi RSUD panembahan senopati
|
Terbentuk suatu rencana untuk meningkatkan kunjungan
pasien ke poli gizi RSUD panembahan senopati
|
Etika Publik
Adanya koordinasi yang baik antar pegawai dalam
merencanakan program
Komitmen Mutu
Adanya inovasi untuk meningkatkan kualitas pelayanan
pada masyarakat
Nasionalisme
Kerjasama dan saling menghormati antar pegawai
|
Menciptakan komunikasi dan kerjasama yang baik
antara pegawai, sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan profesionalisme
sumber daya manusia
|
Meningkatkan
kesadaran pegawai sehingga lebih profesional dalam bekerja
|
3.
|
Membuat poster cetak dan soft file, serta leaflet mengenai profil poli gizi RSUD
Panembahan Senopati
|
1.
Berkoordinasi dengan kepala instalasi gizi mengenai
pembuatan poster dan leaflet mengenai
profil poli gizi yang akan dipasang di pojok media gizi
2.
Membuat poster dan leaflet sesuai rancangan yang
sudah dikonsultasikan
3.
Mencetak poster dan leaflet yang sudah dibuat
|
Dihasilkan poster dan leaflet mengenai profil poli
gizi RSUD Panembahan Senopati untuk meningkatkan kunjungan pasien ke poli
gizi
|
Etika Publik
Efektif dan efisien dalam melaksanakan tugas
pelayanan masyarakat
Komitmen Mutu
Adanya inovasi untuk meningkatkan kualitas pelayanan
pada masyarakat
Antikorupsi
Melaksanakan tugas sesuai kemampuan secara jujur
|
Pembuatan poster cetak dan soft file serta leaflet mengenai profil poli gizi untuk
meningkatkan kunjungan pasien ke poli gizi sebagai salah satu upaya untuk
peningkatan mutu berkelanjutan
dalam pelayanan kesehatan
|
Kerjasama yang baik antar pegawai akan mendorong
kreatifitas dan inovasi kerja pegawai
|
4.
|
Pembuatan pojok media gizi dan memposting profil
poli gizi di web RSUD Panembahan Senopati
|
1.
Berkoordinasi dan meminta izin pada bagian PK-RS
(Promosi Kesehatan Rumah Sakit) RSUD Panembahan Senopati untuk membuat pojok
media gizi yang berisi poster dan leaflet profil poli gizi di poli dokter
yang berwenang merujuk pasien ke poli gizi, serta untuk upload poster profil poli gizi ke website RSUD Panembahan
Senopati
2.
Berkoordinasi dan meminta izin pada kepala instalasi
gizi dan pihak poliklinik dokter untuk membuat pojok media gizi di poliklinik
dokter
|
1.
Adanya pojok media gizi sebagai pengingat bagi
dokter untuk merujuk pasien kepoli gizi
2.
Adanya informasi mengenai profil poli gizi RSUD
Panembahan senopati di web untuk menarik minat pasien untuk berkonsultasi
dengan ahli giizi di poli gizi
|
Etika Publik
Komunikasi interprofesional yang baik dan tanggung
jawab dalam menjalankan tugas bersama
Akuntabilitas
Melaksanakan tugas dengan tanggungjawab dan
konsisten
Komitmen Mutu
Adanya inovasi untuk meningkatkan kualitas pelayanan
pada masyarakat
|
Pembuatan pojok media gizi dan informasi profil
gizi untuk meningkatkan kunjungan
pasien ke poli gizi sebagai upaya meningkatkan profesionalisme sumberdaya
manusia sehingga mampu memberikan pelayanan prima pada pelanggan
|
Koordinasi antar pegawai akan meningkatkan
profesionalisme sumber daya manusia dalam organisasi
|
5.
|
Evaluasi kegiatan
|
1.
Melakukan evaluasi kegiatan yang telah dilakukan
dengan pendataan jumlah kunjungan pasien ke poli gizi, dibandingkan dengan
jumlah kunjungan sebelum dilaksanakan kegiatan inovasi
2.
Mengumpulkan dokumentasi kegiatan dan evaluasi yang
telah dilaksanakan dengan berkoordinasi dengan ahli gizi yang bertugas dipoli
gizi
|
1.
Mengetahui jumlah kunjungan pasien ke poli gizi RSUD
Panembahan Senopati setelah dilaksanakannya kegiatan inovasi
2.
Diperoleh hasil dokumentasi selama kegiatan inovasi
|
Etika publik
Komunikasi yang baik antara pimpinan dan bawahan
serta antar pegawai
Nasionalisme
Kerjasama antar pegawai, melakukan inovasi untuk
kepentingan umum
Akuntabilitas
Melaksanakan tugas dengan tanggungjawab dan
konsisten
|
Peningkatan kunjungan pasien ke poli gizi RSUD
Panembahan Senopati diharapkan dapat
memaksimalkan pelayanan kesehatan pada masyarakat
|
Menciptakan komunikasi dan kerjasama yang baik antar
pegawai
|
6.
|
Melaporkan hasil kegiatan yang telah dilakukan
|
1.
Melakukan koordinasi antar pegawai terkait hasil
kegiatan
2.
Melaporkan hasil kegiatan yang telah dilakukan
kepada atasan
3.
Meminta kritik dan saran terhadap kegiatan yang
telah dilaksanakan
|
Laporan hasil kegiatan yang telah dilakukan,
mendapat penilaian, kritik dan saran dari atasan mengenai inovasi yang telah
dikerjakan
|
Etika publik
Bersikap sopan dan hormat dalam menyampaikan hasil
kegiatan
Akuntabilitas
Turut berkontribusi pada isu di unit kerja sebagai
wujud tanggung jawab dan partisipasi
|
Komunikasi yang baik menciptakan keselarasan antar
pegawai guna mencapai tujuan rumah sakit yaitu mampu memberikan pelayanan
kesehatan cepat dan tepat sesuai standar pelayanan dengan didukung oleh
sumberdaya yang professional
|
Menciptakan komunikasi dan kerjasama yang baik antar
pegawai, dan menumbuhkan sikap profesionalisme dan semangat berinovasi
|
BAB IV PELAKSANAAN AKTUALISASI
A.
Capaian
Kegiatan Aktualisasi
Rumah Sakit Umum Daerah
Panembahan Senopati merupakan pendukung penyelenggaraan pemerintah daerah yang
dipimpin oleh seorang Direktur yang berkedudukan di bawah dan bertanggungjawab
kepada Bupati melalui Sekretaris Daerah. Berdasarkan Peraturan Bupati Bantul
Nomor 147 Tahun 2016, tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi,
serta Tata Kerja Rumah Sakit Umum Daerah Panembahan Senopati Kabupaten Bantul,
RSUD memiliki tugas membantu Bupati dalam menyelenggarakan pelayanan kesehatan
perorangan secara paripurna. RSUD
Panembahan Senopati mempunyai tugas melaksanakan penyusunan dan pelaksanaan
kebijakan daerah Bidang Pelayanan Kesehatan. Rumah Sakit Umum Daerah Panembahan
Senopati menjadi tempat habituasi selama 31 hari bagi Latsar CPNS Golongan III
di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bantul.
Tujuan atau target dari
aktualisasi direalisasikan berdasarkan rancangan aktualisasi yang telah dibuat
dengan menerapkan nilai-nilai Akuntabilitas, Nasionalisme, Etika, Komitmen
Mutu, dan Anti Korupsi. Kegiatan aktualisasi ini bertujuan untuk meningkatkan
kualitas pelayanan kesehatan pada masyarakat di kabupaten Bantul serta
merupakan salah satu dari kinerja aparatur pemerintah dalam memberikan
pelayanan publik. Aktualisasi direalisasikan dengan adanya isu strategis di
lokasi tentang rendahnya kunjungan pasien ke Poli Gizi RSUD Panembahan
Senopati. Oleh karena itu penulis memiliki gagasan pemecahan isu yaitu
peningkatan kunjungan pasien ke Poli Gizi Rumah Sakit Umum Daerah Panembahan
Senopati menggunakan pojok media gizi. Diharapkan dengan gagasan tersebut dapat
berkontribusi dan memberikan manfaat bagi organisasi dan masyarakat yang
berkunjung ke RSUD Panembahan Senopati.
Dalam mewujudkan gagasan
tersebut, ada beberapa kegiatan yang dilakukan guna kelancaran dalam mencapai
tujuan aktualisasi. Kegiatan yang dilakukan tersebut yaitu :
1. Melakukan
konsultasi dan koordinasi terkait isu dan program inovasi dengan mentor
2. Melakukan
koordinasi dengan kepala instalasi gizi dan ahli gizi yang bertugas dipoli gizi
3. Membuat
poster cetak dan soft file, serta
leaflet mengenai profil poli gizi RSUD Panembahan Senopati
4. Pembuatan
pojok media gizi dan memposting profil poli gizi di web RSUD Panembahan
Senopati
5. Evaluasi
kegiatan
6. Melaporkan
hasil kegiatan yang telah dilakukan
Dari
kegiatan tersebut kemudian dibuat tahapan dari masing-masing kegiatan yang
sudah direncanakan. Dari tahapan kegiatan tersebut akhirnya akan dicapai sebuah
hasil/output yang diharapkan. Dalam pelaksanaan kegiatan tersebut memperhatikan
nilai-nilai dari A.N.E.K.A yang meliputi akuntabilitas, nasionalisme, etika,
komitmen mutu, dan anti korupsi. Uraian mengenai capaian aktualisasi dari
kegiatan yang telah dilaksanakan dapat dilihat dalam beberapa tabel berikut.
Tabel
2. Kegiatan Aktualisasi 1
No
|
Uraian
|
Rencana Capaian
Aktualisasi
|
1
|
2
|
3
|
A
|
Nama
Kegiatan
|
Melakukan
konsultasi dan koordinasi terkait isu dan program inovasi dengan mentor
|
B
|
Pelaksanaan
|
Kegiatan
dilaksanakan pada hari Sabtu, 16 Maret 2019, bertempat di PPSDM Regional
Yogyakarta
|
C
|
Tahapan
Kegiatan
|
1.
Meminta izin serta menyampaikan maksud dan tujuan
terkait isu yang diangkat kepada mentor
2.
Menyampaikan paparan program inovasi terkait isu
3.
Menindaklanjuti program sesuai arahan
|
D
|
Hasil
Kegiatan
|
Maksud dan tujuan dapat
tersampaikan serta memperoleh arahan dan izin pelaksanaan program oleh Kepala
Seksi Penunjang Medis RSUD Panembahan Senopati Bapak Pambudi, SKM, MMR., selaku
mentor untuk memberikan wewenang dalam pembuatan poster dan leaflet mengenai
profil poli gizi RSUD Panembahan Senopati.
|
E
|
Nilai
Dasar Aneka
|
1.
Etika publik : Komunikasi yang baik antara pimpinan
dan bawahan serta antar pegawai di instansi unit kerja
2.
Akuntabilitas : Turut berkontribusi pada isu di unit
kerja sebagai wujud tanggung jawab dan partisipasi
3.
Anti korupsi : Berpartisipasi dan peduli terhadap
permasalahan atau isu di unit kerja
|
F
|
Kontribusi
Terhadap Tupoksi Organisasi
|
Komunikasi
yang baik akan menyamakan persepsi antar pegawai untuk mencapai tujuan
organisasi
|
G
|
Penguatan
Nilai Organisasi
|
Adanya
komunikasi yang baik akan mendorong terbentuknya ASN yang profesional dan berintegritas
dalam melaksanakan tugas pelayanan terhadap masyarakat
|
Tabel
3. Kegiatan Aktualisasi 2
No
|
Uraian
|
Rencana
Capaian Aktualisasi
|
1
|
2
|
3
|
A
|
Nama
Kegiatan
|
Melakukan koordinasi dengan kepala
instalasi gizi dan ahli gizi
|
B
|
Pelaksanaan
|
Kegiatan dilaksanakan pada hari Selasa,
19 Maret 2019 di Instalasi Gizi RSUD Panmebahan Senopati
|
C
|
Tahapan
Kegiatan
|
1.
Melakukan koordinasi dengan kepala instalasi gizi
dan ahli gizi yang bertugas dipoli gizi mengenai isu kunjungan pasien ke poli
gizi RSUD panembahan senopati masih rendah
2.
Membuat rencana untuk meningkatkan kunjungan pasien
ke poli gizi RSUD panembahan senopati
|
D
|
Hasil
Kegiatan
|
Maksud dan tujuan dapat
tersampaikan serta memperoleh arahan dan izin pelaksanaan program oleh Kepala
Instalasi Gizi RSUD Panembahan Senopati Ibu Diah Yuliantina W, S.ST. Seetelah
berkonsultasi, terbentuk suatu rencana untuk meningkatkan kunjungan pasien ke
poli gizi RSUD panembahan senopati dengan menggunakan media poster dan banner
serta leaflet yang akan diletakkan di poliklinik dokter.
|
E
|
Nilai
Dasar Aneka
|
1.
Etika Publik : Adanya koordinasi yang baik antar
pegawai dalam merencanakan program
2.
Komitmen Mutu : Adanya inovasi untuk meningkatkan
kualitas pelayanan pada masyarakat
3.
Nasionalisme : Kerjasama dan saling menghormati
antar pegawai
|
F
|
Kontribusi
Terhadap Tupoksi Organisasi
|
Menciptakan komunikasi dan
kerjasama yang baik antara pegawai, sebagai salah satu upaya untuk
meningkatkan profesionalisme sumber daya manusia
|
G
|
Penguatan
Nilai Organisasi
|
Meningkatkan kesadaran pegawai sehingga
lebih profesional dalam bekerja
|
Tabel
4. Kegiatan Aktualisasi 3
No
|
Uraian
|
Rencana
Capaian Aktualisasi
|
1
|
2
|
3
|
A
|
Nama
Kegiatan
|
Membuat poster cetak dan soft file, serta leaflet mengenai
profil poli gizi RSUD Panembahan Senopati
|
B
|
Pelaksanaan
|
Dilaksanakan pada hari Kamis, 21 Maret
2019 di Instalasi Gizi RSUD Panembahan
Senopati, dan hari Sabtu tanggal 30 Maret 2019, di Rumah Penulis
|
C
|
Tahapan
Kegiatan
|
1.
Berkoordinasi dengan kepala instalasi gizi mengenai
pembuatan poster dan leaflet mengenai
profil poli gizi yang akan dipasang di pojok media gizi
2.
Membuat poster dan leaflet sesuai rancangan yang
sudah dikonsultasikan
3.
Mencetak poster dan leaflet yang
sudah dibuat
|
D
|
Hasil
Kegiatan
|
Rancangan kasar
poster dan leaflet yang akan dibuat mendapatkan saran dan masukan dari Kepala
Instalasi Gizi. Kemudian dihasilkan poster dan leaflet serta softfile leaflet
mengenai profil poli gizi RSUD Panembahan Senopati untuk meningkatkan
kunjungan pasien ke poli gizi. Gambar poster dan leaflet yang akan digunakan
terdapat lampiran.
|
E
|
Nilai
Dasar Aneka
|
1.
Etika Publik : Efektif dan efisien dalam melaksanakan
tugas pelayanan masyarakat
2.
Komitmen Mutu : Adanya inovasi untuk meningkatkan
kualitas pelayanan pada masyarakat
3.
Antikorupsi : Melaksanakan tugas sesuai kemampuan
secara jujur
|
F
|
Kontribusi
Terhadap Tupoksi Organisasi
|
Pembuatan poster cetak dan soft file serta leaflet mengenai
profil poli gizi untuk meningkatkan kunjungan pasien ke poli gizi sebagai
salah satu upaya untuk peningkatan mutu berkelanjutan dalam pelayanan
kesehatan
|
G
|
Penguatan
Nilai Organisasi
|
Kerjasama yang baik antar pegawai
akan mendorong kreatifitas dan inovasi kerja pegawai
|
Tabel
5. Kegiatan Aktualisasi 4
No
|
Uraian
|
Rencana
Capaian Aktualisasi
|
1
|
2
|
3
|
A
|
Nama
Kegiatan
|
Pembuatan pojok media gizi dan memposting profil
poli gizi di web RSUD Panembahan Senopati
|
B
|
Pelaksanaan
|
Dilaksanakan pada tanggal 8 dan 13 April 2019 di
RSUD Panembahan Senopati
|
C
|
Tahapan
Kegiatan
|
1.
Berkoordinasi dan meminta izin pada bagian PK-RS
(Promosi Kesehatan Rumah Sakit) RSUD Panembahan Senopati untuk membuat pojok
media gizi yang berisi poster dan leaflet profil poli gizi di poli dokter
yang berwenang merujuk pasien ke poli gizi, serta untuk upload poster profil poli gizi ke website RSUD Panembahan
Senopati
2.
Berkoordinasi dan meminta izin pada kepala instalasi
gizi dan pihak poliklinik dokter untuk membuat pojok media gizi di poliklinik
dokter
|
D
|
Hasil
Kegiatan
|
Memperoleh saran dan masukan dari
bagian PKRS RSUD Panembahan Senopati untuk poster dan leaflet yang sudah
dirancang. Selain itu disarankan menggunakan X banner supaya lebih menarik
perhatian pasien yang sedang berkunjung ke RSUD Panembahan Senopati.
Selanjutnya terbentuk pojok media gizi berupa x banner dan poster sebagai
pengingat bagi dokter untuk merujuk pasien kepoli gizi. Diharapkan adanya
informasi mengenai profil poli gizi RSUD Panembahan senopati baik berupa
banner, poster, leaflet dan juga di website RSUD Panembahan Senopati dapat
menarik minat pasien untuk berkonsultasi dengan ahli gizi di poli gizi
|
E
|
Nilai
Dasar Aneka
|
1.
Etika Publik : Komunikasi interprofesional yang baik
dan tanggung jawab dalam menjalankan tugas bersama
2.
Akuntabilitas : Melaksanakan tugas dengan
tanggungjawab dan konsisten
3.
Komitmen Mutu : Adanya inovasi untuk meningkatkan
kualitas pelayanan pada masyarakat
|
F
|
Kontribusi
Terhadap Tupoksi Organisasi
|
Pembuatan pojok media gizi dan
informasi profil gizi untuk
meningkatkan kunjungan pasien ke poli gizi sebagai upaya meningkatkan
profesionalisme sumberdaya manusia sehingga mampu memberikan pelayanan prima
pada pelanggan
|
G
|
Penguatan
Nilai Organisasi
|
Koordinasi antar pegawai akan
meningkatkan profesionalisme sumber daya manusia dalam organisasi
|
Bukti Kegiatan Aktualisasi
4
Gambar
9. Berkoordinasi dengan bagian PK-RS untuk perizinan pemasangan poster, leaflet
dan upload ke website RSUD Panembahan
Senopati
Gambar
10. Banner dan poster yang dipasang di
Poliklinik Anak
Gambar
11. Banner dan poster yang dipasang di
Poliklinik Bedah dan Penyakit Dalam
Gambar
12. Banner dan poster yang dipasang di
Poliklinik Jantung
Gambar
13. Leaflet poli Gizi yang diletakkan di
Poliklinik
Gambar
14. Leaflet poli Gizi yang di upload ke website
RSUD Panembahan Senopati
Tabel
6. Kegiatan Aktualisasi 5
NO
|
URAIAN
|
RENCANA
CAPAIAN AKTUALISASI
|
1
|
2
|
3
|
A
|
Nama
Kegiatan
|
Evaluasi kegiatan
|
B
|
Pelaksanaan
|
Dilaksanakan pada tanggal 8 Mei 2019 di
Instalasi Gizi RSUD Panembahan Senopati
|
C
|
Tahapan
Kegiatan
|
1.
Melakukan evaluasi kegiatan yang
telah dilakukan dengan pendataan jumlah kunjungan pasien ke poli gizi,
dibandingkan dengan jumlah kunjungan sebelum dilaksanakan kegiatan inovasi
2.
Mengumpulkan dokumentasi kegiatan
dan evaluasi yang telah dilaksanakan dengan berkoordinasi dengan ahli gizi
yang bertugas dipoli gizi
|
D
|
Hasil
Kegiatan
|
Mengetahui
jumlah kunjungan pasien ke poli gizi RSUD Panembahan Senopati setelah
dilaksanakannya kegiatan inovasi. Data kunjungan pasien bulan Maret dan bulan
April 2019 diperoleh dari Kepala Instalasi Gizi. Selain itu mengumpulkan
hasil dokumentasi selama kegiatan inovasi.
|
E
|
Nilai
Dasar Aneka
|
1.
Etika publik : Komunikasi yang baik
antara pimpinan dan bawahan serta antar pegawai
2.
Nasionalisme : Kerjasama antar
pegawai, melakukan inovasi untuk kepentingan umum
3.
Akuntabilitas : Melaksanakan tugas
dengan tanggungjawab dan konsisten
|
F
|
Kontribusi
Terhadap Tupoksi Organisasi
|
Peningkatan
kunjungan pasien ke poli gizi RSUD Panembahan Senopati diharapkan dapat memaksimalkan pelayanan
kesehatan pada masyarakat
|
G
|
Penguatan
Nilai Organisasi
|
Menciptakan
komunikasi dan kerjasama yang baik antar pegawai
|
Bukti Kegiatan
Aktualisasi 5
Gambar 15. Evaluasi
Kegiatan dengan Atasan
Gambar 16. Data
Kunjungan Pasien ke Poli Gizi
Tabel
7. Kegiatan Aktualisasi 6
NO
|
URAIAN
|
RENCANA
CAPAIAN AKTUALISASI
|
1
|
2
|
3
|
A
|
Nama
Kegiatan
|
Melaporkan hasil kegiatan yang telah
dilakukan
|
B
|
Pelaksanaan
|
Dilaksanakan
pada tanggal 9 Mei 2019 di Instalasi Gizi RSUD Panembahan Senopati
|
C
|
Tahapan
Kegiatan
|
1.
Melakukan koordinasi antar pegawai
terkait hasil kegiatan
2.
Melaporkan hasil kegiatan yang
telah dilakukan kepada atasan
3.
Meminta kritik dan saran terhadap
kegiatan yang telah dilaksanakan
|
D
|
Hasil
Kegiatan
|
Laporan hasil
kegiatan yang telah dilakukan, mendapat penilaian, kritik dan saran dari Kepala
Instalasi Gizi yaitu Ibu Diah Yuliantina, S.SiT mengenai pojok media gizi
yang telah di buat dibeberapa Poliklinik
|
E
|
Nilai
Dasar Aneka
|
1.
Etika publiK : Bersikap sopan dan
hormat dalam menyampaikan hasil kegiatan
2.
Akuntabilitas : Turut berkontribusi
pada isu di unit kerja sebagai wujud tanggung jawab dan partisipasi
|
F
|
Kontribusi
Terhadap Tupoksi Organisasi
|
Komunikasi yang
baik menciptakan keselarasan antar pegawai guna mencapai tujuan rumah sakit
yaitu mampu memberikan pelayanan kesehatan cepat dan tepat sesuai standar
pelayanan dengan didukung oleh sumberdaya yang professional
|
G
|
Penguatan
Nilai Organisasi
|
Menciptakan komunikasi dan kerjasama
yang baik antar pegawai, dan menumbuhkan sikap profesionalisme dan semangat
berinovasi
|
Gambar 17. Pelaporan hasil aktualisasi pada Kepala Instalasi
Gizi
B.
Analisis
Dampak
Kegiatan aktualisasi yang
dilaksanakan memiliki dampak apabila nilai-nilai dasar ANEKA (Akuntabilitas, Naionalisme,
Etika Publik, Komitmen mutu, Anti Korupsi) tidak dilaksanakan pada
masing-masing kegiatan. Dampak yang dimaksud tercantum dalam tabel 8. berikut.
Tabel
8. Analisis Dampak apabila Nilai Dasar ANEKA Tidak Dilaksanakan
NO
|
KEGIATAN
|
DAMPAK
YANG DITIMBULKAN
|
1
|
2
|
3
|
1
|
Melakukan konsultasi dan koordinasi
terkait isu dan program inovasi dengan mentor
|
Konsultasi dan koordinasi dengan mentor
merupakan sarana komunikasi dengan atasan terkait kondisi instansi unit kerja
yang akan digunakan sebagai tempat habituasi. Selain itu, melalui komunikasi
akan terjalin persamaan persepsi mengenai isu dan rancangan program inovasi
dengan mentor.
Dampak positif apabila nilai dasar ANEKA
dilaksanakan dengan baik, yaitu :
1. Etika
publik
Terwujudnya
jalinan komunikasi yang baik dengan mentor, sehingga dapat melaksanakan
kegiatan aktualisasi dengan maksimal
2.
Akuntabilitas
Kegiatan
aktualisasi sesuai dengan kebutuhan instansi unit kerja dengan memperoleh
masukan dari mentor
3.
Anti korupsi
Terwujud
partisipasi terhadap permasalahan atau isu yang ada diunit kerja
Dampak negatif apabila nilai dasar ANEKA
tidak dilaksanakan dengan baik, yaitu :
1. Etika
publik
Tidak
adanya jalinan komunikasi yang baik dengan mentor, selain itu tidak dapat
melaksanakan kegiatan aktualisasi tanpa persetujuan mentor
2.
Akuntabilitas
Kegiatan
aktualisasi kemungkinan kurang sesuai dengan kebutuhan instansi unit kerja
jika tidak mendapat saran dari mentor
3.
Anti korupsi
Tidak
terwujudnya partisipasi terhadap permasalahan diunit kerja
|
2
|
Melakukan koordinasi dengan kepala
instalasi gizi dan ahli gizi
|
Koordinasi dengan kepala instalasi gizi
dan dengan rekan sesama ahli gizi merupakan sarana komunikasi untuk meminta
pendapat mengenai rancangan aktualisasi yang akan dilaksanakan. Melalui
komunikasi akan terjalin persamaan persepsi mengenai isu dan rancangan
program inovasi dengan atasan. Dampak positif apabila nilai dasar ANEKA
dilaksanakan dengan baik, yaitu :
1.
Etika Publik
Terwujudnya
jalinan komunikasi yang baik dengan mentor, sehingga dapat melaksanakan
kegiatan aktualisasi dengan persetujuan kepala instalasi gizi
2.
Komitmen Mutu
Adanya saran dan
masukan dari atasan sehingga dalam pelaksanaan kegiatan aktualisasi dapat
bejalan dengan maksimal
3. Nasionalisme
Adanya koordinasi yang
baik dengan atasan dan ahli gizi terkait maka akan terjadi sinergitas dalam
pelaksanaan kegiatan aktualisasi
Dampak negatif apabila nilai dasar ANEKA
tidak dilaksanakan dengan baik, yaitu :
1.
Etika Publik
Tidak
adanya jalinan komunikasi yang baik dengan mentor, sehingga tidak dapat
melaksanakan kegiatan aktualisasi tanpa persetujuan kepala instalasi gizi
RSUD Panembahan Senopati selaku atasan
2.
Komitmen Mutu
Tidak
adanya saran dan masukan dari atasan sehingga kurang maksimal dalam inovasi
terkait pelaksanaan kegiatan aktualisasi
3. Nasionalisme
Tidak adanya koordinasi
yang baik dengan atasan dan ahli gizi terkait maka akan terjadi perbedaan
terkait pelaksanaan kegiatan aktualisasi
|
3
|
Membuat poster cetak dan soft file, serta leaflet mengenai
profil poli gizi RSUD Panembahan Senopati
|
Poster dan leaflet mengenai profil poli
gizi menjadi salah satu sarana untuk meningkatkan kunjungan pasien ke poli
gizi. Dampak positif apabila nilai dasar ANEKA dilaksanakan dengan baik,
yaitu :
1.
Etika Publik
Rancangan poster dan
leaflet yang dibuat sesuai dengan harapan atasan jika berkonsultasi dan
koordinasi terlebih dahulu
2.
Komitmen Mutu
Adanya inovasi untuk
meningkatkan kunjungan pasien ke poli gizi sebagai upaya meningkatkan
kualitas pelayanan kesehatan pada masyarakat
3. Antikorupsi
Terwujudnya poster dan
leaflet yang akan digunakan sebagai pojok media gizi untuk meningkatkan
kunjungan pasien ke Poli Gizi RSUD Panembahan Senopati
Dampak negatif apabila nilai dasar ANEKA
tidak dilaksanakan dengan baik, yaitu :
1.
Etika Publik
Rancangan poster dan
leaflet akan tidak sesuai dengan harapan atasan jika tidak berkoordinasi
terlebih dahulu
2.
Komitmen Mutu
Tidak adanya inovasi
untuk meningkatkan kunjungan pasien ke poli gizi sebagai upaya meningkatkan
kualitas pelayanan kesehatan pada masyarakat
3. Antikorupsi
Tidak terwujud poster
dan leaflet yang akan digunakan sebagai pojok media gizi untuk meningkatkan
kunjungan pasien ke Poli Gizi RSUD Panembahan Senopati
|
4
|
Pembuatan pojok media gizi dan
memposting profil poli gizi di web RSUD Panembahan Senopati
|
Poster, banner dan leaflet yang dibuat
akan dipasang menjadi pojok media gizi. Harapannya, dengan adanya pojok media
gizi yang berisi poster, banner dan leaflet, serta promosi melalui website,
dokter akan lebih sering merujuk pasien ke poli gizi, serta menarik minat
pasien untuk konsultasi gizi.
Dampak positif apabila nilai dasar ANEKA
dilaksanakan dengan baik, yaitu :
1.
Etika Publik
Terjalin komunikasi
yang baik dengan pihak promosi kesehatan rumah sakit selaku pemberi wewenang
dalam pemasangan media mengenai promosi kesehatan
2.
Akuntabilitas
pelaksanaan
tugas dan tanggungjawab sebagai ASN di RSUD Panembahan Senopati dapat
berjalan maksimal
3.
Komitmen Mutu
Terwujud
pojok media gizi sehingga kunjungan pasien ke poli Gizi RSUD Panembahan
Senopati mengalami peningkatan
Dampak negatif apabila nilai dasar ANEKA
tidak dilaksanakan dengan baik, yaitu :
1.
Etika Publik
Tidak terjalin
komunikasi yang baik dengan pihak promosi kesehatan rumah sakit selaku
pemberi wewenang dalam pemasangan poster atau media mengenai promosi
kesehatan
2.
Akuntabilitas
Kurang
maksimalnya pelaksanaan tugas dan tanggungjawab sebagai ASN di RSUD
Panembahan Senopati
3.
Komitmen Mutu
Tidak terwujud pojok
media gizi sehingga kunjungan pasien ke poli Gizi RSUD Panembahan Senopati tidak
mengalami peningkatan
|
5
|
Evaluasi kegiatan
|
Evaluasi kegiatan aktualisasi
dilaksanakan untuk mengetahui dampak dari dilaksanakannya kegiatan tersebut.
Dampak yang diharapkan yaitu terjadi peningkatan kunjungan pasien ke poli
gizi RSUD Panembahan Senopati. Dampak positif apabila nilai dasar ANEKA dilaksanakan
dengan baik, yaitu:
1.
Etika publik
Mengetahui capaian
kegiatan aktualisasi berupa kunjungan pasien ke poli gizi setelah dilakukan
kegiatan aktualisasi setelah berkomunikasi dengan pimpinan
2.
Nasionalisme
Tercapai
hasil yang diharapkan dengan adanya kerjasama antar pegawai dalam
melaksanakan inovasi untuk peningkatan pelayanan kesehatan
3.
Akuntabilitas
Terwujudnya
dokumentasi kegiatan aktualisasi dengan baik
Dampak negatif apabila nilai dasar ANEKA
tidak dilaksanakan dengan baik, yaitu :
1.
Etika publik
Tidak dapat mengetahui
capaian kegiatan aktualisasi berupa kunjungan pasien ke poli gizi setelah
dilakukan kegiatan aktualisasi jika tidak ada komunikasi yang baik dengan
pimpinan
2.
Nasionalisme
Tidak
dapat tercapai hasil yang diharapkan tanpa adanya kerjasama antar pegawai
dalam melaksanakan inovasi untuk peningkatan pelayanan kesehatan
3.
Akuntabilitas
Tidak terwujud
dokumentasi kegiatan aktualisasi dengan baik
|
6
|
Melaporkan hasil kegiatan yang telah
dilakukan
|
Pelaporan hasil kegiatan aktualisasi
bertujuan memperoleh masukan, kritik dan saran dari atasan dan mentor
mengenai kegiatan yang telah dilaksanakan. Dampak positif apabila nilai dasar
ANEKA dilaksanakan dengan baik, yaitu :
1.
Etika publik
Mendapat
masukan, kritik dan saran mengenai kegiatan aktualisasi yang telah
dilaksanakan denga adanya pelaporan pada atasan
2. Akuntabilitas
Adanya kejelasan
mengenai kegiatan pemecahan isu di instansi unit kerja yang telah
dilaksanakan
Dampak negatif apabila nilai dasar ANEKA
tidak dilaksanakan dengan baik, yaitu :
1.
Etika publik
Tidak
ada pelaporan pada Kepala Instalasi Gizi selaku atasan di intansi unit kerja,
sehingga tidak mendapat masukan, kritik dan saran mengenai kegiatan
aktualisasi yang telah dilaksanakan
2. Akuntabilitas
Tidak ada pelaporan
menyebabkan tidak adanya kejelasan mengenai kegiatan pemecahan isu di
instansi unit kerja yang telah dilaksanakan
|
BAB V PENUTUP
A.
Kesimpulan
Dari hasil kegiatan
aktualisasi yang dilakukan selama 1 bulan di RSUD Panembahan Senopati dengan
membuat pojok media gizi dapat meningkatkan kunjungan pasien ke poli gizi dari
7 kunjungan pada bulan Maret 2019 menjadi 9 kunjungan pada bulan April 2019. Dari
hal tersebut dapat disimpulkan bahwa pojok media gizi layak untuk digunakan
sebagai salah satu upaya peningkatan kunjungan pasien ke poli gizi RSUD
Panembahan Senopati.
B.
Saran
1. Kegiatan
aktualisasi berupa pojok media gizi tetap dilanjutkan, jika memungkinkan dibuat
lagi di beberapa poliklinik dokter yang lain, seperti poliklinik umum dan
syaraf.
2. Penambahan
media promosi poli gizi berupa video mengenai poli gizi yang dapat ditayangkan
di RSUD Panembahan Senopati maupun di upload ke website RSUD Panembahan
Senopati.
3. Peningkatan
koordinasi antara dokter dengan ahli gizi terkait penyakit apa saja yang
memerlukan konsultasi gizi sebagai upaya peningkatan pelayanan kesehatan pada
pasien.
DAFTAR PUSTAKA
Mawarningsih, Yayi SP, dan R Dwi B.
2008. Pengaruh Advokasi Pelayanan Gizi dan Penyuluhan terhadap Kunjungan Paien
di Poliklinik Gizi Rumah Sakit Umum Raden Mattaher Jambi. Jurnal Gizi Klinik
Indonesia, Vol. 4, No. 3, Maret 2008; 97-103
Departemen Kesehatan RI. 2003.
Pedoman Pelayanan Gizi Rumah Sakit. Jakarta: Direktorat Jendral Bina Kesehatan
Masyarakat
makasih kaka,,, kmren g sempet poto2 laporan teman2,, ini saaangat membantu,, semoga sebelum tgl 15 bisa rampung fix dan siap tampil xixixi
BalasHapussama-sama, sukses latsarnyaa
Hapushi kak diah.. terimakasih atas blognya tentang laporan aktualisasi ini.. sangat membantu saya yg akan segera aktualisasi bulan depan... bolehkan saya minta file lengkapnya kak? dikarenakan pada contoh diatas belum ada gambarnya... terimakasih sebelumnya kak diah....
BalasHapus