Ayo Makan Buah dan Sayur!


Apakah teman-teman tau bahwa 25 Januari merupakan Hari Gizi Nasional? Kalau belum, sekarang sudah tau ya pastinya. Sebenarnya sudah terlewat momennya, tapi lebih baik terlambat dari pada tidak pernah (yak tul). Pada Hari Gizi Nasional tahun ini mengangkat tema “Peningkatan Konsumsi Sayur dan Buah Nusantara Menuju Masyarakat Hidup Sehat”. Mengapa tema ini penting untuk diangkat? Berdasarkan data dari Riskesdas 2013, sebanyak 97,1% penduduk Indonesia kurang mengkonsumsi sayur dan buah. Dilihat secara spesifik, kelompok umur yang paling rendah mengkonsumsi sayur dan buah yaitu balita. Sekitar 86,2% balita kurang sayur dan 35,7% kurang buah.

Padahal seperti kita tahu, sayur dan buah mengandung zat gizi yang penting untuk kesehatan, sehingga harus dikonsumsi setiap hari. Mari kita lihat lagi mengapa penting sekali mengkonsumsi sayur dan buah setiap hari.
1. Buah dan sayur mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan untuk proses metabolisme dalam tubuh dan pertumbuhan sel tubuh
2. Vitamin C dan vitamin A dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga tidak mudah terkena penyakit
3. Kandungan kalium, salah satu mineral penting, dapat membantu menurunkan tekanan darah
4. Kandungan antioksidannya melawan radikal bebas dan zat karsinogenik, sehingga menurunkan resiko terkena kanker (Gusti,2004)
5.  Serat dalam buah dan sayur melancarkan dan meningkatkan kesehatan pencernaan, mencegah penyakit wasir, diare dan konstipasi
6.  Konsumsi buah dan sayur secara teratur juga membantu menjaga berat badan dan menghaluskan kulit

Berdasarkan pedoman umum gizi seimbang, dalam sehari kita dianjurkan untuk mengkonsumsi 3-4 porsi sayur dan 2-3 porsi buah. 1 porsi sayuran yaitu 100 gram, setara dengan 1 gelas belimbing sayur tanpa air,  sedangkan 1 porsi buah juga 100 gram yang setara dengan 1 buah ukuran sedang. Memang cukup sulit untuk memenuhi anjuran tersebut, namun kita bisa mulai sedikit demi sedikit supaya kebutuhan dapat terpenuhi. Salah satu caranya yaitu setiap makan utama, selalu menggunakan sayuran, jadi dalam sehari kita mengkonsumsi 3 kali sayuran, walaupun belum sampai 300 gram. Kemudian meningkatkan konsumsi buah dengan mengganti cemilan sehari-hari dengan buah. Jika dalam sehari “nyemil” 2 kali, berarti kita daat mengkonsumsi 2 buah sehari. Hal ini juga dapat mengurangi konsumsi cemilan tinggi lemak dan kalori yang berpotensi meningkatkan berat badan.

Apa saja yang bisa terjadi jika kita jarang bahkan tidak pernah mengkonsumsi buah dan sayur? Sangat banyak sekali, tapi yang pasti tubuh akan kekurangan mikronutrien yaitu vitamin dan mineral. Loh jangan anggap enteng kekurangan vitamin dan mineral ini. Memang sih, mikronutrien dibutuhkan oleh tubuh hanya dalam jumlah yang kecil, namanya juga mikro. Tapi, jumlah kecil dari mikronutrien inilah yang akan menunjang kehidupan kita. Sudah kita baca diatas mengapa penting sekali mengkonsumsi buah dan sayurkan? Nah tinggal dibalik saja akibatnya hehe.

Contoh paling familiar nih, sariawan. Sariawan kan gak hanya karena kurang buah?! Iya, tapi penyebab utama sariawan adalah kurang vitamin C. Contoh lagi, kita pernah kan mengalami perasaan mudah marah atau emosi berlebihan? Itu bisa jadi karena kurang vitamin B atau C. Jadi kalau suatu saat merasa kurang mood, pengennya marah terus, makan sayur dan buah deh. Tadi itu dua contoh ringan dari kurang vitamin dan mineral. Contoh ekstrim nih, misalnya kurang yodium, bisa terkena penyakit gondong, yang lehernya membengkak. Kekurangan vitamin, misalnya vitamin A, bisa menyebabkan rabun senja, kekurangan vitamin B3 menyebabkan dermatitis atau gangguan kulit, kekurangan vitamin D menyebabkan pelunakan tulang, dampaknya mudah terkena osteoporosis. Dan masih banyak lagi akibat buruk lainnya.

Kita pastinya tidak mau terkena penyakit ataupun dampak buruk akibat kurang mengkonsumsi buah dan sayurkan? Oleh karena itu, mulailah biasakan konsumsi buah dan sayur dari sekarang. Kebiasaan kecil, tapi manfaatnya sangat besar. Semangat untuk kualitas hidup yang lebih baik untuk mewujudkan masyarakat yang lebih sehat!

Komentar

Postingan Populer