Contoh Laporan Aktualisasi Latsar CPNS


LAPORAN AKTUALISASI

PENINGKATAN KUNJUNGAN PASIEN KE POLI GIZI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH PANEMBAHAN SENOPATI MENGGUNAKAN POJOK MEDIA GIZI





DISUSUN OLEH

Nama               :        Diah Nurul Fathoni
Kelas               :        B
No Absen        :        26



PUSAT PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA
KEMENTERIAN DALAM NEGERI
REGIONAL YOGYAKARTA
TAHUN 2019


KATA PENGANTAR
Puji syukur alhamdulillah penulis panjatkan kepada Allah SWT yang dengan rahmat dan ridha-Nya, penulis dapat menyelesaikan laporan aktualisasi dengan judul “Peningkatan Kunjungan Pasien ke Poli Gizi Rumah Sakit Umum Daerah Panembahan senopati Menggunakan Pojok Media Gizi” sebagai persyaratan untuk menyelesaikan kegiatan Latihan Dasar CPNS Golongan III di Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Dalam Negeri Regional Yogyakarta.  Shalawat serta salam semoga Allah curahkan kepada Rasulullah Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, keluarga, para sahabat, serta pengikutnya yang setia hingga akhir zaman.
Penulis menyadari bahwa dalam penyusunan laporan aktualisasi ini tidak terlepas dari bantuan dan dukungan dari Pambudi, SKM, MMR. selaku mentor dan Kepala Seksi Bagian Penunjang Medis RSUP Panembahan Senopati, dan Dwi Krisna Wirawati, S.IP, M.Si. selaku Coach yang telah membimbing, memberi motivasi, mencurahkan segenap dukungan moral dan material dengan tulus ikhlas hingga laporan kegiatan aktualisasi ini dapat diselesaikan. Penulis juga ingin mengucapkan terimakasih yang setulus-tulusnya kepada :
  1. Dr. Ir. Suroyo, M.Si. selaku Kepala PPSDM Kemendagri Regional Yogyakarta
  2. Dr. I Wayan Marthana WK, Sp.THT,M.Kes. selaku Direktur Rumah Sakit Umum Daerah Panembahan Senopati
  3. Diah Yuliantina W, S.SiT. selaku Kepala Instalasi Gizi Rumah Sakit Umum Daerah Panembahan Senopati
  4. Dra. Nanik Widyaningsih, M.Si. selaku penguji
  5. Penulis juga mengucapkan terima kasih kepada rekan-rekan di Rumah Sakit Umum Daerah Panembahan Senopati serta semua pihak yang telah membantu, semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala membalas dengan kebaikan yang melimpah.
            Penulis menyadari bahwa dalam penulisan laporan kegiatan aktualisasi ini masih jauh dari kesempurnaan, namun penulis berharap semoga laporan kegiatan aktualisasi ini dapat bermanfaat bagi pihak-pihak yang berkepentingan.

                                                                                    Yogyakarta,     Mei 2019

                                                                                                  Penulis
DAFTAR ISI
HALAMAN SAMPUL .........................................................................................................            .....     1
BERITA ACARA .......................................................................................................................    2
LEMBAR PENGESAHAN ………..…………………………...…………………...................    3
KATA PENGANTAR ................................................................................................................    4
DAFTAR ISI ..............................................................................................................................     5
DAFTAR GAMBAR ...…………………………………………………………......................     7
DAFTAR TABEL ........…………………………………………………………......................     8
BAB I. PENDAHULUAN .................................................................................      ........................    9
A.  Latar Belakang .....................................................................................................................    9
B.  Tujuan Aktualisasi ...............................................................................................................  11
C.  Ruang Lingkup Aktualisasi..................................................................................................  12
1.    Wilayah ...........................................................................................................................  12
2.    Batas Waktu ....................................................................................................................  12
3.    Kegiatan yang dilakukan..................................................................................................  12
BAB II. GAMBARAN UMUM RSUD PANEMBAHAN SENOPATI ....................................  13
A. Deskripsi RSUD Panembahan Senopati .............................................................................   13
1.      Sejarah Singkat Berdirinya Organisasi .........................................................................   13
2.      Landasan Hukum Berdirinya Rumah Sakit ...................................................................    14
3.      Struktur Organisasi RSUD Panembahan Senopati ........................................................    15
4.      Visi, Misi, Tujuan, dan Nilai RSUD Panembahan Senopati .........................................    16
a.       Visi ..........................................................................................................................    16
b.      Misi ..........................................................................................................................   16
c.       Tujuan ......................................................................................................................   16
d.      Nilai .........................................................................................................................   16
B.  Tugas dan Fungsi RSUD dan Seksi Penunjang Klinik RSUD Panembahan Senopati .......  17
1.      Tugas RSUD Panembahan Senopati .............................................................................   17
2.      Fungsi RSUD Panembahan Senopati ............................................................................   17
3.      Tugas Seksi Penunjang Klinik ......................................................................................    17
4.      Fungsi Seksi Penunjang Klinik .....................................................................................    17
C.  Tugas dan Tanggung Jawab Nutrisionis/Ahli Gizi .............................................................  18

BAB III. RANCANGAN AKTUALISASI ................................................................................  20
BAB IV. PELAKSANAAN AKTUALISASI .............……………………......………….........   24
A. Capaian Aktualisasi .............................................................................................................   24
B.  Analisis Dampak .................................................................................................................   38
BAB V. PENUTUP ....................................................................................................................   44
A.    Kesimpulan ........................................................................................................................   44
B.     Saran ..................................................................................................................................    44
DAFTAR PUSTAKA


DAFTAR GAMBAR
Gambar 1. Struktur Organisasi RSUD Panembahan Senopati ....................................................  15
Gambar 2. Kordinasi dan konsultasi dengan mentor  ..................................................................  26
Gambar 3. Koordinasi terkait rencana program inovasi dengan Kepala Instalasi Gizi ............... 27
Gambar 4. Koordinasi dan konsultasi terkait rencana peningkatan kunjungan pasien ................ 27
Gambar 5. Desain poster yang direvisi atasan dan mentor ..........................................................  29
Gambar 6. Catatan revisi desain poster dan leaflet .......................................................................   29
Gambar 7. Desain Poster yang digunakan untuk pojok media gizi ..............................................   30
Gambar 8. Desain Leaflet yang digunakan untuk pojok media gizi ............................................   30
Gambar 9. Berkoordinasi dengan bagian PK-RS untuk perizinan ..............................................  32
Gambar 10. Banner dan poster yang dipasang di Poliklinik Anak ..............................................  32   
Gambar 11. Banner dan poster di Poliklinik Bedah dan Penyakit Dalam ....................................  33
Gambar 12. Banner dan poster yang dipasang di Poliklinik Jantung ...........................................  33
Gambar 13. Leaflet poli Gizi yang diletakkan di Poliklinik .........................................................  34
Gambar 14. Leaflet poli Gizi yang di upload ke website ..............................................................  34
Gambar 15. Evaluasi Kegiatan dengan Atasan .............................................................................  36
Gambar 16. Data Kunjungan Pasien ke Poli Gizi .........................................................................  36
Gambar 17. Pelaporan hasil aktualisasi pada Kepala Instalasi Gizi .............................................  37




DAFTAR TABEL
Tabel 1. Rancangan Aktualisasi ………………………..............................................................    20
Tabel 2. Kegiatan Aktualisasi 1 ………………………..............................................................    25
Tabel 3. Kegiatan Aktualisasi 2 ………………………..............................................................    26
Tabel 4. Kegiatan Aktualisasi 3 ………………………..............................................................    28
Tabel 5. Kegiatan Aktualisasi 4 ………………………..............................................................    31
Tabel 6. Kegiatan Aktualisasi 5 ………………………..............................................................   35
Tabel 7. Kegiatan Aktualisasi 6 ………………………..............................................................    37
Tabel 8. Analisis Dampak apabila Nilai Dasar ANEKA Tidak Dilaksanakan ............................    38



BAB I PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang

Berdasarkan UU Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara disebutkan bahwa Aparatur Sipil Negara (ASN) adalah Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) yang bekerja pada instansi pemerintah. Pegawai Negeri Sipil (PNS) merupakan unsur utama sumber daya manusia dari Aparatur Sipil Negara yang memiliki peranan penting dalam menentukan keberhasilan pembangunan dan penyelenggaraan pemerintahan. Oleh karena itu diperlukan pegawai negeri sipil yang memiliki kompetensi, sikap dan perilaku yang penuh kesetiaan dan ketaatan kepada negara, bermoral dan bermental baik, profesional, bertanggung jawab sebagai pelayan publik, serta mampu menjadi perekat persatuan dan kesatuan bangsa. Untuk dapat membentuk PNS dengan nilai-nilai tersebut, perlu dilaksanakan pembinaan melalui jalur Pelatihan Dasar (Latsar) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

Berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 101 Tahun 2000 tentang pendidikan dan pelatihan jabatan Aparatur Sipil Negara (Pegawai Negeri Sipil), latsar adalah syarat bagi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil, dengan tujuan untuk memberikan pengetahuan dalam pembentukan wawasan kebangsaan, kepribadian dan etika Pegawai Negeri Sipil, pengetahuan dasar tentang sistem penyelenggaraan pemerintahan negara, bidang tugas dan budaya organisasinya supaya mampu melaksanakan tugas dan perannya sebagai pelayan masyarakat. Berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 101 Tahun 2000, Latsar CPNS (Golongan I, II, dan III) bertujuan untuk :
·         Meningkatkan pengetahuan, keahlian, keterampilan dan sikap untuk dapat melaksanakan tugas secara profesional dengan dilandasi kepribadian dan etika Pegawai Negeri Sipil (PNS) sesuai dengan kebutuhan instansi.
·         Menciptakan aparatur yang mampu berperan sebagai pembaharu dan perekat persatuan dan kesatuan bangsa.
·         Memantapkan sikap dan semangat pengabdian yang berorientasi pada pelayanan, pengayoman, dan pemberdayaan masyarakat.
·         Menciptakan kesamaan visi dan dinamika pola pikir dalam melaksanakan tugas pemerintahan umum dan pembangunan demi terwujudnya kepemerintahan yang baik.
Latsar CPNS memiliki sedikitnya 10 jam Materi Pelatihan Dasar sebagai nilai-nilai dasar PNS yang terdiri atas dinamika kelompok, bela negara, wawasan kebangsaan, manajemen aparatur sipil negara, isu kontemporer, A.N.E.K.A yang terdiri atas Akuntabilitas (A), Nasionalisme (N), Etika Publik (E), Komitmen Mutu (K), dan Anti Korupsi (A), whole of government, pelayanan publik, dan program kokurikuler: kerja bakti, senam kesegaran jasmani (SKJ), pelatihan baris-berbaris, apel dan tata upacara sipil, dan ibadah. Selanjutnya, diberikan tugas untuk menyusun rancangan aktualisasi guna mengimplementasikan materi yang telah diberikan, sesuai dengan isu atau masalah yang ada di instansi satuan kerja masing-masing peserta latsar. Adapun kurikulum yang digunakan adalah 20 hari on campus dan 31 hari off campusOn campus adalah Latsar yang diselenggarakan di pusat pelatihan instansi yang mengharuskan peserta Latsar CPNS menginap di asrama yang telah disediakan dengan kegiatan kelas dan program kokurikuler. Sedangkan off campus adalah Latsar yang diselenggarakan di instansi satuan kerja (satker) masing-masing peserta latsar. Adapun off campus merupakan bagian dari pelaksanaan Aktualisasi yang akan diujikan/diseminarisasi kembali di pusat pelatihan instansi setelah pelaksanaan aktualisasi.

Aktualisasi yang dilaksanakan berdasarkan salah satu isu yang diangkat dari instansi satuan kerja yaitu Rumah Sakit Umum Daerah Panembahan Senopati. Dari beberapa isu, diambil satu isu penting yaitu rendahnya kunjungan pasien ke poli gizi Rumah Sakit Umum Dareah Panembahan Senopati. Pelayanan gizi di rumah sakit penting untuk dilakukan karena merupakan salah satu faktor penunjang yang membantu mempercepat penyembuhan pasien, karena proses penyembuhan penyakit pasien sangat dipengaruhi oleh status gizi pasien (Mawarningsih dkk., 2008). Untuk mencapai status gizi pasien yang baik, diperlukan upaya pelayanan paripurna dengan memberikan asuhan medis, asuhan perawatan, dan asuhan gizi (Depkes, 2003). Salah satu kegiatan asuhan gizi yang penting untuk diberikan, baik pada pasien rawat jalan, maupun rawat inap adalah konsultasi gizi. Saat ini, umumnya pasien melakukan konsultasi gizi mayoritas melalui rujukan polikilinik rumah sakit, walaupun jumlahnya tidak terlalu banyak, sedangkan yang berasal dari rujukan swasta ataupun inisiatif sendiri masih sangat kurang. Hal ini menyebabkan jumlah kunjungan pasien ke poli gizi hanya bergantung pada banyaknya dokter poliklinik rumah sakit yang merujuk pasien untuk melakukan konsultasi gizi (Depkes, 2003).
Perhatian dari pemegang kebijakan tentang nutrisi oleh dokter yang diharapkan merujuk pasien ke poli gizi masih kurang. Hal ini akan berdampak pada rendahnya jumlah kunjungan pasien ke poli gizi. Kunjungan pasien ke poli gizi selain dipengaruhi oleh pengetahuan, sikap dan persepsi dokter, juga ditentukan oleh persepsi pasien dalam memutuskan untuk melakukan konsultasi gizi. Selain itu juga dipengaruhi oleh diagnosis penyakit terutama yang memerlukan diet khusus (Mawarningsih dkk., 2008). Oleh karena itu, diambil gagasan pemecahan isu berupa inovasi yaitu dengan meningkatkan kunjungan pasien ke Poli Gizi Rumah Sakit Umum Daerah Panembahan Senopati menggunakan pojok media gizi. Diharapkan dengan dilakukan inovasi tersebut dapat meningkatkan kunjungan pasien ke poli gizi RSUD Panembahan Senopati, sehingga dapat berkontribusi dalam upaya mencapai tujuan rumah sakit yaitu mampu memberikan pelayanan kesehatan secara cepat dan tepat sesuai standar pelayanan dengan didukung oleh sumberdaya yang profesional.

B.     Tujuan Aktualisasi
Berdasarkan usulan gagasan untuk pemecahan isu dan strateginya melalui pikiran konseptual dan/atau aktivitas-aktivitas kegiatan peserta Pelatihan Dasar Calon PNS Golongan III di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bantul ini, aktualisasi merupakan bentuk kemampuan peserta dalam menerjemahkan teori ke dalam praktik, mengubah konsep menjadi konstruk, menjadikan gagasan sebagai kegiatan. Adapun tujuan dari kegiatan aktualisasi ini yaitu :
1.      Memahami pembelajaran yang diperoleh saat pelaksaan pembelajaran dikelas mengenai mata pelatihan Pelayanan Publik, Managemen ASN, Komitmen Mutu, Akuntabilitas, dan Etika Publik dengan mengaplikasikannya langsung di lingkungan kerja RSUD Panembahan Senopati
2.      Memecahkan isu mengenai rendahnya kunjungan pasien ke poli gizi RSUD Panembahan Senopati dengan meningkatkan kunjungan pasien ke poli gizi RSUD Panembahan Senopati menggunakan pojok media gizi
3.      Membuat laporan aktualisasi sebagai kegiatan akhir dari proses Pelatihan Dasar Calon PNS Golongan III di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bantul

C.    Ruang Lingkup Aktualisasi
Ruang lingkup dari pelaksanaan aktualisasi ini meliputi :
1.      Wilayah
Pelaksanaan aktualisasi nilai-nilai dasar ini dilakukan di Instalasi Gizi RSUD Panembahan Senopati Bantul.
2.      Batas Waktu
Batas waktu yang telah ditentukan untuk melaksanakan aktualisasi nilai-nilai dasar ini adalah selama off kampus atau tepatnya dari tanggal 19 Maret 2019 sampai 13 Mei 2019.
3.      Kegiatan Yang Dilakukan
Pembuatan  poster cetak dan soft file serta leaflet mengenai profil poli gizi yang akan dipasang di pojok media gizi yang berada di poli yang berwenang merujuk pasien ke Poli Gizi RSUD Panembahan Senopati dan di upload ke website RSUD Panembahan Senopati





BAB II GAMBARAN UMUM
RUMAH SAKIT UMUM DAERAH PANEMBAHAN SENOPATI

A.       Deskripsi RSUD Panembahan Senopati

1.      Sejarah Singkat Berdirinya Organisasi

Pada tahun 1953 didirikan rumah sakit darurat di desa Trirenggo, Kecamatan Bantul atas dasar pemikiran Pemerintah Daerah Kabupaten Bantul bersama Dinas Kesehatan Rakyat. Pada tahun 1956, rumah sakit tersebut berubah menjadi rumah sakit pembantu, yang kemudian terus berkembang menjadi Rumah Sakit Umum pada tahun 1957. Pada tahun 1978, status Rumah Sakit Bantul menjadi kelas D berdasarkan Surat Keputusan Kantor Wilayah Departemen Kesehatan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta Nomor: 02028/Kanwil/Izin/1978, tanggal 13 September 1978 tentang status Rumah Sakit Bantul menjadi kelas D. pada tahun 1993, status RSUD Bantu meningkat menjadi kelas C berdasarkan Persetujuan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor: B-142/1/1993 dan Surat Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor: 202/Menkes/SK.II1993. Karena peningkatan kelas tersebut, Menteri Dalam Negeri RI mengeluarkan Surat Keputusan Nomor 22 tahun 1994 tentang Pedoman Organisasi dan Tata Kerja Rumah Sakit Umum Daerah.

Berbagai strategi digunakan dalam rangka merubah brand image masyarakat terhadap RSUD Kabupaten Bantul antara lain dengan pemberian nama baru menjadi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Panembahan Senopati. Nama “Panembahan Senopati” diresmikan oleh Sri Sultan Hamengku Buwono X selaku Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta pada tanggal 29 Maret 2003 dan ditetapkan dengan Surat Keputusan Bupati Bantul Nomor 43 a tahun 2003. Pada tahun 2007, berdasarkan Surat Keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor: 142/Menkes/SK/I/2007 tanggal 31 Januari 2007 tentang penigkatan kelas RSUD Panembahan Senopati Milik Pemerintah Kabupaten  Bantul Provinsi D.I Yogyakarta, maka kelas RSUD Panembahan Senopati ditingkatkan menjadi kelas B Non Pendidikan. Strategi lain guna meningkatkan citra Rumah sakit Umum Daerah adalah dengan mengadakan sayembara “LOGO RUMAH SAKIT UMUM PANEMBAHAN SENOPATI” yang diikuti oleh peserta dari DIY dan Jateng, dimenangkan oleh peserta dari Magelang. Penetapan LOGO dengan Surat keputusan Bupati Bantul Nomor 124 Tahun 2007.

Berdasarkan keputusan Bupati Bantul nomor 195 tahun 2009, RSUD Panembahan Senopati ditetapkan sebagai rumah sakit yang menerapkan Pola Pengelolaan Keungan Badan Layanan Umum Daerah (PPK-BLUD). Selanjutnya, tahun 20120, RSUD Panembahan Senopati mengikuti akreditasi rumah sakit pendidikan dan lulus sesuai dengan Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor : HK.03.05/III/431/12 Tentang Penetapan Rumag Sakit Umum Daerah Panembahan Senopati Bantul sebagai Rumah Sakit Pendidikan Utama Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dan sebagai Rumah Sakit Pendidikan Utama. Hal ini dilakukan untuk mendukung peningkatan mutu dan kemampuan pelayanan kesehatan dari tenaga medis. Pada tanggal 14 April 2015 telah mendapatkan Sertifikat Akreditasi dari Komite Akreditasi Rumah Sakit (KARS) dengan predikat “Paripurna”.

2.      Landasan Hukum Berdirinya Rumah Sakit

Dasar hukum berdirinya Rumah Sakit Umum Daerah Panembahan Senopati yaitu :
1.      Undang-undang Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan
2.      Undang-undang Republik Indonesia Nomo 44 tahun 2009 tentang Rumah Sakit
3.      Surat Keputusan Menteri Kesehatan RI nomor 142/Menkes/SK/I/2007 tentang peningkatan Kelas RSUD Panembahan Senopati Milik Pemerintah Kabupaten Bantul Provinsi DIY
4.      Peraturan Daerah Nomor 12 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susuna Perangkat Daerah Kabupaten Bantul
5.      Peraturan Bupati Bantul Nomor 70 Tahun 2014 tentang Tata Kelola Rumah Sakit Umum Daerah Panembahan Sebopati Kabupaten Bantul yang selanjutnya diubah dengan Peraturan Bupati Bantul Nomor 25 tahun 2015 tentang Perubahan Atas Peraturan Bupati Bantul Nomor 70 Tahun 2014 tentang Tata Kelola Rumah Sakit Umum Daerah Panembahan Senopati Kabupaten Bantul.
6.      Peraturan Bupati Bantul Nomor 146 Tahun 206 tentanf Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi, serta Tata Kerja Rumah Sakit Umum Daerah Panemahan Senopati Kabupaten Bantul
7.      Keputusan Bupati Bantul Nomor 195 Tahun 2009 tentang Penetapan Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum Daerah (PPK-BLUD) Rumah Sakit Umum Daerah Panembahan Senopati Kabupaten Bantul
8.      Izin Pendirian dari Dinas Kesehatan DIY Nomor : 445/9539/V.2 Tanggal 21-12-2009

3.      Struktur Organisasi RSUD Panembahan Senopati
 


4.      Visi, Misi, Tujuan, dan Nilai RSUD Panembahan Senopati

a.      Visi
Terwujudnya Rumah Sakit Yang Unggul dan Menjadi Kebanggan Seluruh Masyarakat

b.      Misi
1.      Memberikan pelayanan prima pada pelanggan
2.      Meningkatkan profesionalisme sumber daya manusia
3.      Melaksanakan peningkatan mutu berkelanjutan dalam Pleayanan Kesehatan, Pendidikan dan Penelitian
4.      Meningkatkan jalinan kerjasama dengan mitra terkait
5.      Meningkatkan ketersedian sarana prasarana yang berkualitas
6.      Menyelenggarakan tata kelola keungan yang sehat untuk mendukung pertumbuhan organisasi

c.       Tujuan
Menjadi rumah sakit yang mampu memberikan pelayanan kesehatan secara cepat dan tepat sesuai standar pelayanan rumag sakit dengan didukung oleh sumber daya yang professional

d.      Nilai
Nilai mencerminkan apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan oleh anggota organisasi dalam melaksanakan Misi untuk mencapai Visi. RSUD Panembahan Senopati menentapkan Nilai berjumlah 5 (lima) yaitu :
·         Jujur
·         Rendah hati
·         Kerjasama
·         Profesional
·         Inovasi


B.     Tugas dan Fungsi RSUD Panembahan Senopati dan Seksi Penunjang Klinik RSUD Panembahan Senopati

1.      Tugas RSUD Panembahan Senopati
Berdasarkan Peraturan Bupati Bantul Nomor 147 Tahun 2016, tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi, serta Tata Kerja Rumah Sakit Umum Daerah Panembahan Senopati Kabupaten Bantul, RSUD memiliki tugas membantu Bupati dalam menyelenggarakan pelayanan kesehatan perorangan secara paripurna.

2.      Fungsi RSUD Panembahan Senopati
Dalam melaksanakan tugas, RSUD Panembahan Senopati menyelenggarakan fungsi :
a.       Perumusan kebijakan teknis bidang pelayanan rumah sakit;
b.      penyelenggaran pelayanan pencegahan, pengobatan, penyembuhan, dan pemulihan kesehatan;
c.       pelaksanaan pemeliharaan dan peningkatan kesehatan perorangan;
d.      pelaksanaan pelayanan kesehatan;
e.       penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan sumber daya manusia;
f.       penyelengaraan penelitian pengembanggan serta penapisan teknologi bidang kesehatan;
g.      penyelenggaraan pengabdian masyarakat;
h.      pembinaan dan pengendalian pelayanan RSUD;
i.        penyelenggaraan kesekretariatan RSUD; dan
j.        pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Bupati terkait dengan tugas dan fungsinya.

3.      Tugas Seksi Penunjang Klinik
Seksi Penunjang klinik memiliki tugas melaksanakan kebijakan dan pelayanan teknis dibidang penunjang klinik

4.      Fungsi Seksi Penunjang Klinik
Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (3), Seksi Penunjang klinik menyelenggarakan fungsi sebagai berikut :
a.       Penyusunan rencana kegiatan seksi
b.      Penyiapan bahan kerja
c.       Penyiapan bahan penyusunan sistem dan standar operasional prosedur dalam rangka meningkatkan tugas dan fungsi
d.      Pengkoordinasian pelaksanaan tugas instalasi Farmasi, Instalasi Gizi, Instalasi Rekam Medik, Unit Sterilisasi Sentral (Central Sterilization Support Department/CSSD), dan Unit Bank Darah Rumah Sakit, serta Instalasi/Unit lain yang ditetapkan Direktur
e.       Pengkoordinasian pelaksanaan sistem informasi manajemen
f.       Penyusunan usulan kebutuhan sarana dan prasarana, pegawai dan peralatan
g.      Pemberian saran dan/atau pertimbangan kepada Kepala Bidang mengenai langkah atau tindakan sesuai bidang tugasnya
h.      Pelaksanaan invetarisasi, identifikasi, dan penyiapan bahan pemecahan masalah sesuai bidang tugasnya
i.        Pelaksanaan evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas seksi
j.        Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan Kepala Bidang sesuai tugas dan fungsinya

C.    Tugas dan Tanggung Jawab Nutrisionis/Ahli Gizi
Tugas dan tanggung jawab ahli gizi meliputi :
1.      Melakukan kegiatan penyelenggaraan makanan, meliputi :
a.       Membuat siklus menu 10 hari dan melakukan evaluasi setiap 6 bulan
b.      Melakukan modifikasi resep masakan
c.       Membuat rencana anggaran belanja bulanan
d.      Membuat bon pemesanan bahan makanan
e.       Menerima dan mengecek bahan makanan sesuai spesifikasi
f.       Menyiapkan bahan makanan untuk makan pagi, siang, dan malam pasien
g.      Melakukan pengawasan racikan untuk persiapan diit pagi, siang, dan malam
h.      Melakukan uji cita rasa organoleptik
i.        Melakukan pengawasan distribusi diit di dapur instalasi gizi sesuai dengan jenis diit pasien
2.      Menulis jumlah dan kenis diit per bangsal pada buku diit dan membuat laporan triwulan
3.      Menulis menu harian di papan menu
4.      Melakukan standar keamanan pangan dan hyegene sanitasi, meliputi HACCP dan Skor Keamanan Pangan
5.      Melaksanakan kegiatan asuhan gizi rawat inap, meliputi :
a.       Melakukan pengkajian data
b.      Menentukan status gizi pasien secara antropometri
c.       Melakukan recall makanan pasien
d.      Menerjemahkan preskripsi diit ke dalam bentuk makanan yang sesuai dengan diit pasien
e.       Menentukan preskripsi diit awal/sementara bilamana belum ada preskripsi diit dari dokter
f.       Mengkomunikasikan terapi diit kepada semua tim asuhan gizi
g.      Mencocokan pemesanan diit pasien dari bangsal sesuai dengan jenis penyakit pasien
h.      Melakukan konsultasi, penyuluhan gizi dan memberikan motivasi pada pasien dan keluarganya
i.        Melakukan monitoring dan evaluasi pelayanan gizi pasien
6.      Melakukan kegiatan asuhan gizi rawat jalan, meliputi :
a.       Melakukan pengkajian data
b.      Menentukan status gizi secara antropometri
c.       Melakukan recall makanan pada pasien
d.      Melakukan konsultasi, penyuluhan gizi dan memberikan motivasi pada pasien dan keluarganya (menuliskan asuhan gizi ADIME di CPPT)
7.      Melakukan kegiatan penelitian dan pengembangan gizi



BAB III RANCANGAN AKTUALISASI
Unit Kerja                         :     Instalasi Gizi RSUD Panembahan Senopati
Isu yang diangkat             :     Kunjungan pasien ke poli gizi RSUD Panembahan Senopati masih rendah
Gagasan Pemecahan Isu :     Meningkatkan kinjungan pasien ke poli gizi RSUD Panembahan Senopati menggunakan pojok media gizi
Tabel 1. Rancangan Aktualisai

No
Kegiatan
Tahapan Kegiatan
Output
Keterkaitan Substansi Mata Pelatihan
Kontribusi terhadap Tupoksi Organisasi
Penguatan Nilai Organisasi
1
2
3
4
5
6
7
1.
Melakukan konsultasi dan koordinasi terkait isu dan program inovasi dengan mentor
1.      Meminta izin serta menyampaikan maksud dan tujuan terkait isu yang diangkat kepada mentor
2.      Menyampaikan paparan program inovasi terkait isu
3.      Menindaklanjuti program sesuai arahan
Maksud dan tujuan dapat tersampaikan serta memperoleh arahan pelaksanaan program oleh atasan
Etika publik
Komunikasi yang baik antara pimpinan dan bawahan serta antar pegawai

Akuntabilitas
Turut berkontribusi pada isu di unit kerja sebagai wujud tanggung jawab dan partisipasi

Anti korupsi
Berpartisipasi dan peduli terhadap permasalahan atau isu di unit kerja
Komunikasi yang baik akan menyamakan persepsi antar pegawai untuk mencapai tujuan organisasi
Adanya komunikasi yang baik akan mendorong terbentuknya ASN yang profesional dan berintegritas dalam melaksanakan tugas pelayanan terhdap masyarakat

2.
Melakukan koordinasi dengan kepala instalasi gizi dan ahli gizi yang bertugas dipoli gizi
1.      Melakukan koordinasi dengan kepala instalasi gizi dan ahli gizi yang bertugas dipoli gizi mengenai isu kunjungan pasien ke poli gizi RSUD panembahan senopati masih rendah
2.      Membuat rencana untuk meningkatkan kunjungan pasien ke poli gizi RSUD panembahan senopati
Terbentuk suatu rencana untuk meningkatkan kunjungan pasien ke poli gizi RSUD panembahan senopati
Etika Publik
Adanya koordinasi yang baik antar pegawai dalam merencanakan program

Komitmen Mutu
Adanya inovasi untuk meningkatkan kualitas pelayanan pada masyarakat

Nasionalisme
Kerjasama dan saling menghormati antar pegawai
Menciptakan komunikasi dan kerjasama yang baik antara pegawai, sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan profesionalisme sumber daya manusia

Meningkatkan kesadaran pegawai sehingga lebih profesional dalam bekerja
3.
Membuat poster cetak dan soft file, serta leaflet mengenai profil poli gizi RSUD Panembahan Senopati

1.   Berkoordinasi dengan kepala instalasi gizi mengenai pembuatan  poster dan leaflet mengenai profil poli gizi yang akan dipasang di pojok media gizi
2.   Membuat poster dan leaflet sesuai rancangan yang sudah dikonsultasikan
3.   Mencetak poster dan leaflet yang sudah dibuat
Dihasilkan poster dan leaflet mengenai profil poli gizi RSUD Panembahan Senopati untuk meningkatkan kunjungan pasien ke poli gizi
Etika Publik
Efektif dan efisien dalam melaksanakan tugas pelayanan masyarakat

Komitmen Mutu
Adanya inovasi untuk meningkatkan kualitas pelayanan pada masyarakat

Antikorupsi
Melaksanakan tugas sesuai kemampuan secara jujur
Pembuatan poster cetak dan soft file serta leaflet mengenai profil poli gizi untuk meningkatkan kunjungan pasien ke poli gizi sebagai salah satu upaya untuk peningkatan       mutu berkelanjutan dalam pelayanan kesehatan
Kerjasama yang baik antar pegawai akan mendorong kreatifitas dan inovasi kerja pegawai

4.
Pembuatan pojok media gizi dan memposting profil poli gizi di web RSUD Panembahan Senopati

1.     Berkoordinasi dan meminta izin pada bagian PK-RS (Promosi Kesehatan Rumah Sakit) RSUD Panembahan Senopati untuk membuat pojok media gizi yang berisi poster dan leaflet profil poli gizi di poli dokter yang berwenang merujuk pasien ke poli gizi, serta untuk upload poster profil poli gizi ke website RSUD Panembahan Senopati
2.     Berkoordinasi dan meminta izin pada kepala instalasi gizi dan pihak poliklinik dokter untuk membuat pojok media gizi di poliklinik dokter








1.      Adanya pojok media gizi sebagai pengingat bagi dokter untuk merujuk pasien kepoli gizi
2.      Adanya informasi mengenai profil poli gizi RSUD Panembahan senopati di web untuk menarik minat pasien untuk berkonsultasi dengan ahli giizi di poli gizi
Etika Publik
Komunikasi interprofesional yang baik dan tanggung jawab dalam menjalankan tugas bersama

Akuntabilitas
Melaksanakan tugas dengan tanggungjawab dan konsisten

Komitmen Mutu
Adanya inovasi untuk meningkatkan kualitas pelayanan pada masyarakat

Pembuatan pojok media gizi dan informasi profil gizi  untuk meningkatkan kunjungan pasien ke poli gizi sebagai upaya meningkatkan profesionalisme sumberdaya manusia sehingga mampu memberikan pelayanan prima pada pelanggan
Koordinasi antar pegawai akan meningkatkan profesionalisme sumber daya manusia dalam organisasi
5.
Evaluasi kegiatan
1.   Melakukan evaluasi kegiatan yang telah dilakukan dengan pendataan jumlah kunjungan pasien ke poli gizi, dibandingkan dengan jumlah kunjungan sebelum dilaksanakan kegiatan inovasi
2.   Mengumpulkan dokumentasi kegiatan dan evaluasi yang telah dilaksanakan dengan berkoordinasi dengan ahli gizi yang bertugas dipoli gizi
1.    Mengetahui jumlah kunjungan pasien ke poli gizi RSUD Panembahan Senopati setelah dilaksanakannya kegiatan inovasi
2.    Diperoleh hasil dokumentasi selama kegiatan inovasi
Etika publik
Komunikasi yang baik antara pimpinan dan bawahan serta antar pegawai

Nasionalisme
Kerjasama antar pegawai, melakukan inovasi untuk kepentingan umum

Akuntabilitas
Melaksanakan tugas dengan tanggungjawab dan konsisten

Peningkatan kunjungan pasien ke poli gizi RSUD Panembahan Senopati  diharapkan dapat
memaksimalkan pelayanan kesehatan pada masyarakat

Menciptakan komunikasi dan kerjasama yang baik antar pegawai
6.
Melaporkan hasil kegiatan yang telah dilakukan
1.      Melakukan koordinasi antar pegawai terkait hasil kegiatan
2.      Melaporkan hasil kegiatan yang telah dilakukan kepada atasan
3.      Meminta kritik dan saran terhadap kegiatan yang telah dilaksanakan
Laporan hasil kegiatan yang telah dilakukan, mendapat penilaian, kritik dan saran dari atasan mengenai inovasi yang telah dikerjakan
Etika publik
Bersikap sopan dan hormat dalam menyampaikan hasil kegiatan

Akuntabilitas
Turut berkontribusi pada isu di unit kerja sebagai wujud tanggung jawab dan partisipasi
Komunikasi yang baik menciptakan keselarasan antar pegawai guna mencapai tujuan rumah sakit yaitu mampu memberikan pelayanan kesehatan cepat dan tepat sesuai standar pelayanan dengan didukung oleh sumberdaya yang professional
Menciptakan komunikasi dan kerjasama yang baik antar pegawai, dan menumbuhkan sikap profesionalisme dan semangat berinovasi


BAB IV PELAKSANAAN AKTUALISASI
A.    Capaian Kegiatan Aktualisasi

Rumah Sakit Umum Daerah Panembahan Senopati merupakan pendukung penyelenggaraan pemerintah daerah yang dipimpin oleh seorang Direktur yang berkedudukan di bawah dan bertanggungjawab kepada Bupati melalui Sekretaris Daerah. Berdasarkan Peraturan Bupati Bantul Nomor 147 Tahun 2016, tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi, serta Tata Kerja Rumah Sakit Umum Daerah Panembahan Senopati Kabupaten Bantul, RSUD memiliki tugas membantu Bupati dalam menyelenggarakan pelayanan kesehatan perorangan secara paripurna. RSUD Panembahan Senopati mempunyai tugas melaksanakan penyusunan dan pelaksanaan kebijakan daerah Bidang Pelayanan Kesehatan. Rumah Sakit Umum Daerah Panembahan Senopati menjadi tempat habituasi selama 31 hari bagi Latsar CPNS Golongan III di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bantul.

Tujuan atau target dari aktualisasi direalisasikan berdasarkan rancangan aktualisasi yang telah dibuat dengan menerapkan nilai-nilai Akuntabilitas, Nasionalisme, Etika, Komitmen Mutu, dan Anti Korupsi. Kegiatan aktualisasi ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan pada masyarakat di kabupaten Bantul serta merupakan salah satu dari kinerja aparatur pemerintah dalam memberikan pelayanan publik. Aktualisasi direalisasikan dengan adanya isu strategis di lokasi tentang rendahnya kunjungan pasien ke Poli Gizi RSUD Panembahan Senopati. Oleh karena itu penulis memiliki gagasan pemecahan isu yaitu peningkatan kunjungan pasien ke Poli Gizi Rumah Sakit Umum Daerah Panembahan Senopati menggunakan pojok media gizi. Diharapkan dengan gagasan tersebut dapat berkontribusi dan memberikan manfaat bagi organisasi dan masyarakat yang berkunjung ke RSUD Panembahan Senopati.

Dalam mewujudkan gagasan tersebut, ada beberapa kegiatan yang dilakukan guna kelancaran dalam mencapai tujuan aktualisasi. Kegiatan yang dilakukan tersebut yaitu :
1.      Melakukan konsultasi dan koordinasi terkait isu dan program inovasi dengan mentor
2.      Melakukan koordinasi dengan kepala instalasi gizi dan ahli gizi yang bertugas dipoli gizi
3.      Membuat poster cetak dan soft file, serta leaflet mengenai profil poli gizi RSUD Panembahan Senopati
4.      Pembuatan pojok media gizi dan memposting profil poli gizi di web RSUD Panembahan Senopati
5.      Evaluasi kegiatan
6.      Melaporkan hasil kegiatan yang telah dilakukan
Dari kegiatan tersebut kemudian dibuat tahapan dari masing-masing kegiatan yang sudah direncanakan. Dari tahapan kegiatan tersebut akhirnya akan dicapai sebuah hasil/output yang diharapkan. Dalam pelaksanaan kegiatan tersebut memperhatikan nilai-nilai dari A.N.E.K.A yang meliputi akuntabilitas, nasionalisme, etika, komitmen mutu, dan anti korupsi. Uraian mengenai capaian aktualisasi dari kegiatan yang telah dilaksanakan dapat dilihat dalam beberapa tabel berikut.
Tabel 2. Kegiatan Aktualisasi 1
No
Uraian
Rencana Capaian Aktualisasi
1
2
3
A
Nama Kegiatan
Melakukan konsultasi dan koordinasi terkait isu dan program inovasi dengan mentor
B
Pelaksanaan
Kegiatan dilaksanakan pada hari Sabtu, 16 Maret 2019, bertempat di PPSDM Regional Yogyakarta
C
Tahapan Kegiatan
1.      Meminta izin serta menyampaikan maksud dan tujuan terkait isu yang diangkat kepada mentor
2.      Menyampaikan paparan program inovasi terkait isu
3.      Menindaklanjuti program sesuai arahan
D
Hasil Kegiatan
Maksud dan tujuan dapat tersampaikan serta memperoleh arahan dan izin pelaksanaan program oleh Kepala Seksi Penunjang Medis RSUD Panembahan Senopati Bapak Pambudi, SKM, MMR., selaku mentor untuk memberikan wewenang dalam pembuatan poster dan leaflet mengenai profil poli gizi RSUD Panembahan Senopati.
E
Nilai Dasar Aneka
1.      Etika publik : Komunikasi yang baik antara pimpinan dan bawahan serta antar pegawai di instansi unit kerja
2.      Akuntabilitas : Turut berkontribusi pada isu di unit kerja sebagai wujud tanggung jawab dan partisipasi
3.      Anti korupsi : Berpartisipasi dan peduli terhadap permasalahan atau isu di unit kerja
F
Kontribusi Terhadap Tupoksi Organisasi
Komunikasi yang baik akan menyamakan persepsi antar pegawai untuk mencapai tujuan organisasi
G
Penguatan Nilai Organisasi
Adanya komunikasi yang baik akan mendorong terbentuknya ASN yang profesional dan berintegritas dalam melaksanakan tugas pelayanan terhadap masyarakat



Tabel 3. Kegiatan Aktualisasi 2
No
Uraian
Rencana Capaian Aktualisasi
1
2
3
A
Nama Kegiatan
Melakukan koordinasi dengan kepala instalasi gizi dan ahli gizi
B
Pelaksanaan
Kegiatan dilaksanakan pada hari Selasa, 19 Maret 2019 di Instalasi Gizi RSUD Panmebahan Senopati
C
Tahapan Kegiatan
1.      Melakukan koordinasi dengan kepala instalasi gizi dan ahli gizi yang bertugas dipoli gizi mengenai isu kunjungan pasien ke poli gizi RSUD panembahan senopati masih rendah
2.      Membuat rencana untuk meningkatkan kunjungan pasien ke poli gizi RSUD panembahan senopati
D
Hasil Kegiatan
Maksud dan tujuan dapat tersampaikan serta memperoleh arahan dan izin pelaksanaan program oleh Kepala Instalasi Gizi RSUD Panembahan Senopati Ibu Diah Yuliantina W, S.ST. Seetelah berkonsultasi, terbentuk suatu rencana untuk meningkatkan kunjungan pasien ke poli gizi RSUD panembahan senopati dengan menggunakan media poster dan banner serta leaflet yang akan diletakkan di poliklinik dokter.
E
Nilai Dasar Aneka
1.      Etika Publik : Adanya koordinasi yang baik antar pegawai dalam merencanakan program
2.      Komitmen Mutu : Adanya inovasi untuk meningkatkan kualitas pelayanan pada masyarakat
3.      Nasionalisme : Kerjasama dan saling menghormati antar pegawai
F
Kontribusi Terhadap Tupoksi Organisasi
Menciptakan komunikasi dan kerjasama yang baik antara pegawai, sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan profesionalisme sumber daya manusia
G
Penguatan Nilai Organisasi
Meningkatkan kesadaran pegawai sehingga lebih profesional dalam bekerja

Tabel 4. Kegiatan Aktualisasi 3
No
Uraian
Rencana Capaian Aktualisasi
1
2
3
A
Nama Kegiatan
Membuat poster cetak dan soft file, serta leaflet mengenai profil poli gizi RSUD Panembahan Senopati
B
Pelaksanaan
Dilaksanakan pada hari Kamis, 21 Maret 2019  di Instalasi Gizi RSUD Panembahan Senopati, dan hari Sabtu tanggal 30 Maret 2019, di Rumah Penulis
C
Tahapan Kegiatan
1.   Berkoordinasi dengan kepala instalasi gizi mengenai pembuatan  poster dan leaflet mengenai profil poli gizi yang akan dipasang di pojok media gizi
2.   Membuat poster dan leaflet sesuai rancangan yang sudah dikonsultasikan
3.   Mencetak poster dan leaflet yang sudah dibuat
D
Hasil Kegiatan
Rancangan kasar poster dan leaflet yang akan dibuat mendapatkan saran dan masukan dari Kepala Instalasi Gizi. Kemudian dihasilkan poster dan leaflet serta softfile leaflet mengenai profil poli gizi RSUD Panembahan Senopati untuk meningkatkan kunjungan pasien ke poli gizi. Gambar poster dan leaflet yang akan digunakan terdapat lampiran.
E
Nilai Dasar Aneka
1.      Etika Publik : Efektif dan efisien dalam melaksanakan tugas pelayanan masyarakat
2.      Komitmen Mutu : Adanya inovasi untuk meningkatkan kualitas pelayanan pada masyarakat
3.      Antikorupsi : Melaksanakan tugas sesuai kemampuan secara jujur
F
Kontribusi Terhadap Tupoksi Organisasi
Pembuatan poster cetak dan soft file serta leaflet mengenai profil poli gizi untuk meningkatkan kunjungan pasien ke poli gizi sebagai salah satu upaya untuk peningkatan mutu berkelanjutan dalam pelayanan kesehatan
G
Penguatan Nilai Organisasi
Kerjasama yang baik antar pegawai akan mendorong kreatifitas dan inovasi kerja pegawai



Tabel 5. Kegiatan Aktualisasi 4
No
Uraian
Rencana Capaian Aktualisasi
1
2
3
A
Nama Kegiatan
Pembuatan pojok media gizi dan memposting profil poli gizi di web RSUD Panembahan Senopati
B
Pelaksanaan
Dilaksanakan pada tanggal 8 dan 13 April 2019 di RSUD Panembahan Senopati
C
Tahapan Kegiatan
1.   Berkoordinasi dan meminta izin pada bagian PK-RS (Promosi Kesehatan Rumah Sakit) RSUD Panembahan Senopati untuk membuat pojok media gizi yang berisi poster dan leaflet profil poli gizi di poli dokter yang berwenang merujuk pasien ke poli gizi, serta untuk upload poster profil poli gizi ke website RSUD Panembahan Senopati
2.   Berkoordinasi dan meminta izin pada kepala instalasi gizi dan pihak poliklinik dokter untuk membuat pojok media gizi di poliklinik dokter
D
Hasil Kegiatan
Memperoleh saran dan masukan dari bagian PKRS RSUD Panembahan Senopati untuk poster dan leaflet yang sudah dirancang. Selain itu disarankan menggunakan X banner supaya lebih menarik perhatian pasien yang sedang berkunjung ke RSUD Panembahan Senopati. Selanjutnya terbentuk pojok media gizi berupa x banner dan poster sebagai pengingat bagi dokter untuk merujuk pasien kepoli gizi. Diharapkan adanya informasi mengenai profil poli gizi RSUD Panembahan senopati baik berupa banner, poster, leaflet dan juga di website RSUD Panembahan Senopati dapat menarik minat pasien untuk berkonsultasi dengan ahli gizi di poli gizi
E
Nilai Dasar Aneka
1.      Etika Publik : Komunikasi interprofesional yang baik dan tanggung jawab dalam menjalankan tugas bersama
2.      Akuntabilitas : Melaksanakan tugas dengan tanggungjawab dan konsisten
3.      Komitmen Mutu : Adanya inovasi untuk meningkatkan kualitas pelayanan pada masyarakat
F
Kontribusi Terhadap Tupoksi Organisasi
Pembuatan pojok media gizi dan informasi profil gizi  untuk meningkatkan kunjungan pasien ke poli gizi sebagai upaya meningkatkan profesionalisme sumberdaya manusia sehingga mampu memberikan pelayanan prima pada pelanggan
G
Penguatan Nilai Organisasi
Koordinasi antar pegawai akan meningkatkan profesionalisme sumber daya manusia dalam organisasi


Bukti Kegiatan Aktualisasi 4
Gambar 9. Berkoordinasi dengan bagian PK-RS untuk perizinan pemasangan poster, leaflet dan upload ke website RSUD Panembahan Senopati

 
Gambar 10. Banner dan poster yang dipasang di Poliklinik Anak
  
Gambar 11. Banner dan poster yang dipasang di Poliklinik Bedah dan Penyakit Dalam

 
Gambar 12. Banner dan poster yang dipasang di Poliklinik Jantung
  
Gambar 13. Leaflet poli Gizi yang diletakkan di Poliklinik
Gambar 14. Leaflet poli Gizi yang di upload ke website RSUD Panembahan Senopati
Tabel 6. Kegiatan Aktualisasi 5
NO
URAIAN
RENCANA CAPAIAN AKTUALISASI
1
2
3
A
Nama Kegiatan
Evaluasi kegiatan
B
Pelaksanaan
Dilaksanakan pada tanggal 8 Mei 2019 di Instalasi Gizi RSUD Panembahan Senopati
C
Tahapan Kegiatan
1.      Melakukan evaluasi kegiatan yang telah dilakukan dengan pendataan jumlah kunjungan pasien ke poli gizi, dibandingkan dengan jumlah kunjungan sebelum dilaksanakan kegiatan inovasi
2.      Mengumpulkan dokumentasi kegiatan dan evaluasi yang telah dilaksanakan dengan berkoordinasi dengan ahli gizi yang bertugas dipoli gizi
D
Hasil Kegiatan
Mengetahui jumlah kunjungan pasien ke poli gizi RSUD Panembahan Senopati setelah dilaksanakannya kegiatan inovasi. Data kunjungan pasien bulan Maret dan bulan April 2019 diperoleh dari Kepala Instalasi Gizi. Selain itu mengumpulkan hasil dokumentasi selama kegiatan inovasi.
E
Nilai Dasar Aneka
1.      Etika publik : Komunikasi yang baik antara pimpinan dan bawahan serta antar pegawai
2.      Nasionalisme : Kerjasama antar pegawai, melakukan inovasi untuk kepentingan umum
3.      Akuntabilitas : Melaksanakan tugas dengan tanggungjawab dan konsisten
F
Kontribusi Terhadap Tupoksi Organisasi
Peningkatan kunjungan pasien ke poli gizi RSUD Panembahan Senopati  diharapkan dapat memaksimalkan pelayanan kesehatan pada masyarakat
G
Penguatan Nilai Organisasi
Menciptakan komunikasi dan kerjasama yang baik antar pegawai








Bukti Kegiatan Aktualisasi 5
Gambar 15. Evaluasi Kegiatan dengan Atasan
Gambar 16. Data Kunjungan Pasien ke Poli Gizi
Tabel 7. Kegiatan Aktualisasi 6
NO
URAIAN
RENCANA CAPAIAN AKTUALISASI
1
2
3
A
Nama Kegiatan
Melaporkan hasil kegiatan yang telah dilakukan
B
Pelaksanaan
Dilaksanakan pada tanggal 9 Mei 2019 di Instalasi Gizi RSUD Panembahan Senopati
C
Tahapan Kegiatan
1.        Melakukan koordinasi antar pegawai terkait hasil kegiatan
2.        Melaporkan hasil kegiatan yang telah dilakukan kepada atasan
3.        Meminta kritik dan saran terhadap kegiatan yang telah dilaksanakan
D
Hasil Kegiatan
Laporan hasil kegiatan yang telah dilakukan, mendapat penilaian, kritik dan saran dari Kepala Instalasi Gizi yaitu Ibu Diah Yuliantina, S.SiT mengenai pojok media gizi yang telah di buat dibeberapa Poliklinik
E
Nilai Dasar Aneka
1.      Etika publiK : Bersikap sopan dan hormat dalam menyampaikan hasil kegiatan
2.      Akuntabilitas : Turut berkontribusi pada isu di unit kerja sebagai wujud tanggung jawab dan partisipasi
F
Kontribusi Terhadap Tupoksi Organisasi
Komunikasi yang baik menciptakan keselarasan antar pegawai guna mencapai tujuan rumah sakit yaitu mampu memberikan pelayanan kesehatan cepat dan tepat sesuai standar pelayanan dengan didukung oleh sumberdaya yang professional
G
Penguatan Nilai Organisasi
Menciptakan komunikasi dan kerjasama yang baik antar pegawai, dan menumbuhkan sikap profesionalisme dan semangat berinovasi

Gambar 17. Pelaporan hasil aktualisasi pada Kepala Instalasi Gizi
B.     Analisis Dampak
Kegiatan aktualisasi yang dilaksanakan memiliki dampak apabila nilai-nilai dasar ANEKA (Akuntabilitas, Naionalisme, Etika Publik, Komitmen mutu, Anti Korupsi) tidak dilaksanakan pada masing-masing kegiatan. Dampak yang dimaksud tercantum dalam tabel 8. berikut.
Tabel 8. Analisis Dampak apabila Nilai Dasar ANEKA Tidak Dilaksanakan
NO
KEGIATAN
DAMPAK YANG DITIMBULKAN
1
2
3
1
Melakukan konsultasi dan koordinasi terkait isu dan program inovasi dengan mentor
Konsultasi dan koordinasi dengan mentor merupakan sarana komunikasi dengan atasan terkait kondisi instansi unit kerja yang akan digunakan sebagai tempat habituasi. Selain itu, melalui komunikasi akan terjalin persamaan persepsi mengenai isu dan rancangan program inovasi dengan mentor.
Dampak positif apabila nilai dasar ANEKA dilaksanakan dengan baik, yaitu :
1.      Etika publik
Terwujudnya jalinan komunikasi yang baik dengan mentor, sehingga dapat melaksanakan kegiatan aktualisasi dengan maksimal
2.      Akuntabilitas
Kegiatan aktualisasi sesuai dengan kebutuhan instansi unit kerja dengan memperoleh masukan dari mentor
3.      Anti korupsi
Terwujud partisipasi terhadap permasalahan atau isu yang ada diunit kerja
Dampak negatif apabila nilai dasar ANEKA tidak dilaksanakan dengan baik, yaitu :
1.      Etika publik
Tidak adanya jalinan komunikasi yang baik dengan mentor, selain itu tidak dapat melaksanakan kegiatan aktualisasi tanpa persetujuan mentor
2.      Akuntabilitas
Kegiatan aktualisasi kemungkinan kurang sesuai dengan kebutuhan instansi unit kerja jika tidak mendapat saran dari mentor
3.      Anti korupsi
Tidak terwujudnya partisipasi terhadap permasalahan diunit kerja
2
Melakukan koordinasi dengan kepala instalasi gizi dan ahli gizi
Koordinasi dengan kepala instalasi gizi dan dengan rekan sesama ahli gizi merupakan sarana komunikasi untuk meminta pendapat mengenai rancangan aktualisasi yang akan dilaksanakan. Melalui komunikasi akan terjalin persamaan persepsi mengenai isu dan rancangan program inovasi dengan atasan. Dampak positif apabila nilai dasar ANEKA dilaksanakan dengan baik, yaitu :
1.      Etika Publik
Terwujudnya jalinan komunikasi yang baik dengan mentor, sehingga dapat melaksanakan kegiatan aktualisasi dengan persetujuan kepala instalasi gizi
2.      Komitmen Mutu
Adanya saran dan masukan dari atasan sehingga dalam pelaksanaan kegiatan aktualisasi dapat bejalan dengan maksimal
3.      Nasionalisme
Adanya koordinasi yang baik dengan atasan dan ahli gizi terkait maka akan terjadi sinergitas dalam pelaksanaan kegiatan aktualisasi
Dampak negatif apabila nilai dasar ANEKA tidak dilaksanakan dengan baik, yaitu :
1.      Etika Publik
Tidak adanya jalinan komunikasi yang baik dengan mentor, sehingga tidak dapat melaksanakan kegiatan aktualisasi tanpa persetujuan kepala instalasi gizi RSUD Panembahan Senopati selaku atasan
2.      Komitmen Mutu
Tidak adanya saran dan masukan dari atasan sehingga kurang maksimal dalam inovasi terkait pelaksanaan kegiatan aktualisasi
3.      Nasionalisme
Tidak adanya koordinasi yang baik dengan atasan dan ahli gizi terkait maka akan terjadi perbedaan terkait pelaksanaan kegiatan aktualisasi
3
Membuat poster cetak dan soft file, serta leaflet mengenai profil poli gizi RSUD Panembahan Senopati

Poster dan leaflet mengenai profil poli gizi menjadi salah satu sarana untuk meningkatkan kunjungan pasien ke poli gizi. Dampak positif apabila nilai dasar ANEKA dilaksanakan dengan baik, yaitu :
1.      Etika Publik
Rancangan poster dan leaflet yang dibuat sesuai dengan harapan atasan jika berkonsultasi dan koordinasi terlebih dahulu
2.      Komitmen Mutu
Adanya inovasi untuk meningkatkan kunjungan pasien ke poli gizi sebagai upaya meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan pada masyarakat
3.      Antikorupsi
Terwujudnya poster dan leaflet yang akan digunakan sebagai pojok media gizi untuk meningkatkan kunjungan pasien ke Poli Gizi RSUD Panembahan Senopati
Dampak negatif apabila nilai dasar ANEKA tidak dilaksanakan dengan baik, yaitu :
1.      Etika Publik
Rancangan poster dan leaflet akan tidak sesuai dengan harapan atasan jika tidak berkoordinasi terlebih dahulu
2.      Komitmen Mutu
Tidak adanya inovasi untuk meningkatkan kunjungan pasien ke poli gizi sebagai upaya meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan pada masyarakat
3.      Antikorupsi
Tidak terwujud poster dan leaflet yang akan digunakan sebagai pojok media gizi untuk meningkatkan kunjungan pasien ke Poli Gizi RSUD Panembahan Senopati
4
Pembuatan pojok media gizi dan memposting profil poli gizi di web RSUD Panembahan Senopati
Poster, banner dan leaflet yang dibuat akan dipasang menjadi pojok media gizi. Harapannya, dengan adanya pojok media gizi yang berisi poster, banner dan leaflet, serta promosi melalui website, dokter akan lebih sering merujuk pasien ke poli gizi, serta menarik minat pasien untuk konsultasi gizi.
Dampak positif apabila nilai dasar ANEKA dilaksanakan dengan baik, yaitu :
1.      Etika Publik
Terjalin komunikasi yang baik dengan pihak promosi kesehatan rumah sakit selaku pemberi wewenang dalam pemasangan media mengenai promosi kesehatan
2.      Akuntabilitas
pelaksanaan tugas dan tanggungjawab sebagai ASN di RSUD Panembahan Senopati dapat berjalan maksimal
3.      Komitmen Mutu
Terwujud pojok media gizi sehingga kunjungan pasien ke poli Gizi RSUD Panembahan Senopati mengalami peningkatan
Dampak negatif apabila nilai dasar ANEKA tidak dilaksanakan dengan baik, yaitu :
1.      Etika Publik
Tidak terjalin komunikasi yang baik dengan pihak promosi kesehatan rumah sakit selaku pemberi wewenang dalam pemasangan poster atau media mengenai promosi kesehatan
2.      Akuntabilitas
Kurang maksimalnya pelaksanaan tugas dan tanggungjawab sebagai ASN di RSUD Panembahan Senopati
3.      Komitmen Mutu
Tidak terwujud pojok media gizi sehingga kunjungan pasien ke poli Gizi RSUD Panembahan Senopati tidak mengalami peningkatan
5
Evaluasi kegiatan
Evaluasi kegiatan aktualisasi dilaksanakan untuk mengetahui dampak dari dilaksanakannya kegiatan tersebut. Dampak yang diharapkan yaitu terjadi peningkatan kunjungan pasien ke poli gizi RSUD Panembahan Senopati. Dampak positif apabila nilai dasar ANEKA dilaksanakan dengan baik, yaitu:
1.      Etika publik
Mengetahui capaian kegiatan aktualisasi berupa kunjungan pasien ke poli gizi setelah dilakukan kegiatan aktualisasi setelah berkomunikasi dengan pimpinan
2.      Nasionalisme
Tercapai hasil yang diharapkan dengan adanya kerjasama antar pegawai dalam melaksanakan inovasi untuk peningkatan pelayanan kesehatan
3.      Akuntabilitas
Terwujudnya dokumentasi kegiatan aktualisasi dengan baik
Dampak negatif apabila nilai dasar ANEKA tidak dilaksanakan dengan baik, yaitu :
1.      Etika publik
Tidak dapat mengetahui capaian kegiatan aktualisasi berupa kunjungan pasien ke poli gizi setelah dilakukan kegiatan aktualisasi jika tidak ada komunikasi yang baik dengan pimpinan
2.      Nasionalisme
Tidak dapat tercapai hasil yang diharapkan tanpa adanya kerjasama antar pegawai dalam melaksanakan inovasi untuk peningkatan pelayanan kesehatan
3.      Akuntabilitas
Tidak terwujud dokumentasi kegiatan aktualisasi dengan baik
6
Melaporkan hasil kegiatan yang telah dilakukan
Pelaporan hasil kegiatan aktualisasi bertujuan memperoleh masukan, kritik dan saran dari atasan dan mentor mengenai kegiatan yang telah dilaksanakan. Dampak positif apabila nilai dasar ANEKA dilaksanakan dengan baik, yaitu :
1.      Etika publik
Mendapat masukan, kritik dan saran mengenai kegiatan aktualisasi yang telah dilaksanakan denga adanya pelaporan pada atasan
2.      Akuntabilitas
Adanya kejelasan mengenai kegiatan pemecahan isu di instansi unit kerja yang telah dilaksanakan
Dampak negatif apabila nilai dasar ANEKA tidak dilaksanakan dengan baik, yaitu :
1.      Etika publik
Tidak ada pelaporan pada Kepala Instalasi Gizi selaku atasan di intansi unit kerja, sehingga tidak mendapat masukan, kritik dan saran mengenai kegiatan aktualisasi yang telah dilaksanakan
2.      Akuntabilitas
Tidak ada pelaporan menyebabkan tidak adanya kejelasan mengenai kegiatan pemecahan isu di instansi unit kerja yang telah dilaksanakan


BAB V PENUTUP
A.    Kesimpulan
Dari hasil kegiatan aktualisasi yang dilakukan selama 1 bulan di RSUD Panembahan Senopati dengan membuat pojok media gizi dapat meningkatkan kunjungan pasien ke poli gizi dari 7 kunjungan pada bulan Maret 2019 menjadi 9 kunjungan pada bulan April 2019. Dari hal tersebut dapat disimpulkan bahwa pojok media gizi layak untuk digunakan sebagai salah satu upaya peningkatan kunjungan pasien ke poli gizi RSUD Panembahan Senopati.

B.     Saran
1.      Kegiatan aktualisasi berupa pojok media gizi tetap dilanjutkan, jika memungkinkan dibuat lagi di beberapa poliklinik dokter yang lain, seperti poliklinik umum dan syaraf.
2.      Penambahan media promosi poli gizi berupa video mengenai poli gizi yang dapat ditayangkan di RSUD Panembahan Senopati maupun di upload ke website RSUD Panembahan Senopati.
3.      Peningkatan koordinasi antara dokter dengan ahli gizi terkait penyakit apa saja yang memerlukan konsultasi gizi sebagai upaya peningkatan pelayanan kesehatan pada pasien.




DAFTAR PUSTAKA

Mawarningsih, Yayi SP, dan R Dwi B. 2008. Pengaruh Advokasi Pelayanan Gizi dan Penyuluhan terhadap Kunjungan Paien di Poliklinik Gizi Rumah Sakit Umum Raden Mattaher Jambi. Jurnal Gizi Klinik Indonesia, Vol. 4, No. 3, Maret 2008; 97-103
Departemen Kesehatan RI. 2003. Pedoman Pelayanan Gizi Rumah Sakit. Jakarta: Direktorat Jendral Bina Kesehatan Masyarakat

Komentar

  1. makasih kaka,,, kmren g sempet poto2 laporan teman2,, ini saaangat membantu,, semoga sebelum tgl 15 bisa rampung fix dan siap tampil xixixi

    BalasHapus
  2. hi kak diah.. terimakasih atas blognya tentang laporan aktualisasi ini.. sangat membantu saya yg akan segera aktualisasi bulan depan... bolehkan saya minta file lengkapnya kak? dikarenakan pada contoh diatas belum ada gambarnya... terimakasih sebelumnya kak diah....

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer