Pengalaman Kerja Part Time (di Juskesmas)

picture by www.marketingdirecto.com/

Jadi mau sharing pengalaman pertama kerja,  sewaktu kerja part time sebagai admin di startup bernama juskesmas. Juskesmas merupakan startup yang bergerak dibidang penjualan jus kesehatan, dengan keunggulan jus delivery pertama di jogja, terdiri dari beberapa varian jus utama yang berupa campuran buah sayur dengan manfaat tertentu. Usaha ini milik seorang dokter lulusan Fakultas Kedokteran UGM yang saat ini sedang mengambil kuliah spesialis. Nah ceritanya dimulai saat lebaran tahun 2018, saya barusan wisuda S1, lalu masih selow alias belum ada kerjaan. Qodarullah, melihat salah satu grup yang isinya alumni gizi, ada broadcastan bahwa juskesmas sedang butuh admin part time.
Akhirnya mencoba memberanikan diri untuk menghubungi CP yang tertera, yang ternyata owner nya sendiri. Saat pertama saya hubungi, ternyata juskesmas belum membutuhkan tenaga baru, tapi owner nya bilang, kalau suatu saat memerlukan saya akan dihubungi lagi. Selang sebulan kemudian, pagi-pagi saya menerima whatsapp dari owner juskesmas, apa saya masih berminat kerja part time disana. Alhamdulillah, setelah saya setujui, diajak bertemu langsung dengan ownernya, untuk dijelaskan mengenai tugas-tugas admin. Ownernya baik banget, sabar, keren menurutku, karena walaupun sudah jadi dokter, masih mau nyambi jualan, yang salah satu tujuannya membuka lapangan pekerjaan. Tugas admin antara lain membuat list pesanan, membuat pertanyaan dan jawaban giveaway di Instagram, membuat iklan, bikin info-info terkait diet dan kesehtan dan mencatat jumlah botol yang diproduksi berdasarkan laporan kurir.

Singkat kata, saya pun memulai bekerja sebagai admin juskesmas. Hari pertama agak menantang, karena langsung diberi tugas membuat list pesanan, karena ownernya harus segera keluar kota. Seminggu pertama agak capek, masih menyesuaikan diri dengan ritme kerja (ceileh), karena dasarnya saya bukan orang yang megang hp setiap saat, sedangkan tugas sebagai admin harus on hp, terutama pagi untuk terima pesanan jus. Belum lagi dengan beberapa hal terkait alamat pengiriman, kurir, dan banyak hal lain yang masih membingungkan. Saat itu sempat galau dan kepikiran, mau sebulan aja kerjanya, Ku tak sanggup, karena membayangkan juga sebulan lagi mulai masuk kuliah. Disaat seperti itu, saya jadi tersadar, betapa berat tugas perempuan, terutama yang bekerja, harus ngurus keluarga, ditambah tugas dikantor atau pekerjaannya, strong banget! Salut dan kagum banget dengan semua ibu (yang bertanggungjawab) didunia ini. Nah akhirnya pas sebulan kerja (pas gajian pertama juga hehe), membulatkan tekad mau berhenti aja. Eh setelah rapat dan bertemu dengan rekan yang lain (3 kurir dan 1 bagian produksi), ternyata asik, dan jadi terbuka, ditambah lagi memang dimintai tolong oleh ownernya, untuk lanjut karena 3 bulan kedepan beliau harus tugas di pulau paling timur Indonesia. Bismillah, lanjut lagi, kulyah S two sambil kerja part time (dibantu adek juga buat konten iklan), semangat!

Selama ditinggal ownernya internship ke Papua, alhamdulillah semua berjalan lancar, cuma memang pelanggan jadi menurun, karena hanya promosi atau iklan seadanya. Ownernya memang hanya memberi tugas melanjutkan tugas sebagai admin, belum tentang promosi yang bagus banget gimana, karena memang saya masih baru banget mulai kerjanya, baru sebulan lebih sudah ditinggal. Saya jadi lebih banyak berhubungan dengan istri owner yang baik banget, dan juga dengan para kurir dan petugas produksi, karena pak ownernya susah sinyal di lokasi internship. Kadang ada miskomunikasi juga antara saya dengan kurir, atau dengan costumer, kalau masih bisa ditangani ya diselesaikan sendiri, tapi kalau sudah ribet lapor bu bos deh hehe. Paling sering miskomunikasi nya sama customer sih, kadang ngeyel, permintaanya ganti-ganti, alamatnya pindah-pindah, jadwalnya udah habis 7 hari bilangnya masih 6 hari, rempong juga. Soalnya saya juga harus menyampaikan ke kurir dan produksi, kalau ganti-ganti kan susah juga. Kadang juga customer ngechatnya malam-malam, jadi harus melek sampai malem. Memang semacam CS gini ribetnya, jadi salut juga dengan CS yang bisa handle complain pelanggan dengan sabar. Pas ribet-ribet ini harus nyambi belajar dan nugas kuliah juga, tantangan sendiri buat bagi waktu. Kadang dibantu adek, kayak pas kuliah memang gak bisa buka hp sama sekali kayak pas ujian, hp jualan dibawa adek, supaya tetap bisa melayani pelanggan dengan baik.

Akhirnya, setelah kurang lebih 6 bulan bekerja, ownernya pun pulang ke jogja, lalu mulai membuka outlet baru, karena salah satu outlet yang lama ditutup. Ownernya pun melakukan perubahan dibeberapa hal, termasuk admin. Karena sudah ada outlet baru, yang direncanakan lebih besar dari outlet sebelumnya, sehingga memerlukan tenaga lebih banyak dan dibutuhkan di outlet tersebut. Ini juga menyangkut admin, yang dulunya bisa dikerjakan dirumah, saat itu diperlukan untuk selalu stay di outlet, dan merangkap sebagai kasir. Sebelumnya saya memang niat membantu pak owner selama beliau tidak dijogja, sehingga saat sudah balik ke jogja dan ada pergantian sistem, saya pun mengundurkan diri dari juskesmas. Dikarenakan memang saya ternyata cukup kewalahan jika harus selalu onlen sementara setiap pagi ada kuliah yang terkadang sulit untuk buka hp, dan tentunya karena saya tidak bisa kerja full time di outletnya. Saat itu saya juga sudah bertemu dengan pegawai baru yang akan menjadi admin dan kasir, sekaligus saya dimintai tolong untuk semacam operan kerja, mengajari apa saja tugas admin juskesmas.

Selama bekerja di juskesmas, saya belajar banyak hal, selain pengalaman mencari uang sendiri, juga belajar membagi waktu, prioritas, membangun relasi dengan partner kerja, komunikasi dengan partner dan juga costumer, jadi lebih sering ngulang belajar lagi tentang ilmu saya (gizi dan kesehatan), dan juga belajar sedikit ilmu marketing dan bisnis, walaupun dikit banget sih, hehe. Saya juga jadi kenal dengan teman baru dari kalangan yang berbeda. Maksudnya disini adalah, sebelumnya teman saya hanya anak kuliahan, tetangga dirumah, teman sekolah dulu, gak terlalu bervariasi. Nah setelah bekerja dijuskesmas, kenal dengan orang yang umurnya beda, latar belakang pendidikan beda, yang bikin insight baru buat saya. Jadi saya lebih terbuka, lebih bisa empati, lebih bisa menyesuaikan gaya komunikasi, sesuai dengan siapa lawan bicaranya gitu. Jadi intinya kayak lebih menghargai waktu, uang, dan pendapat orang lain. Oke sekian ya cerita pengalaman pertama si krucil ini bekerja, semoga bermanfaat buat teman-teman yang iseng mampir di lapak ini ^_^

Komentar

Postingan Populer