Journal Search dan Journal Review

Journal Search dan Journal Review

Penelitian merupakan kegiatan usaha pemecahan masalah berdasarkan fakta-fakta atau prinsip-prinsip (menemukan, mengumpulkan, mengembangkan,menganalisis dan menguji kebenaran), dikerjakan dengan hati-hati, sistematis dan berdasarkan ilmu pengetahuan dengan metode ilmiah. (Amran,2000sekian). Dalam melakukan penelitian, kita harus mencari sumber referensi untuk menentukan metode ataupun memperkuat argumen kita. Nah untuk era modern seperti ini, referensi yang digunakan harus jelas dan terbukti secara ilmiah, supaya penelitian kita lebih valid. Referensi bisa diperoleh dari buku maupun jurnal. Umumnya untuk buku dibatasi 10 tahun terakhir, sedangkan jurnal 5 tahun terakhir.

Untuk mahasiswa seperti saya, mencari buku agak membosankan (jangan ditiru), jadi lebih prefer menggunakan jurnal. Apalagi saat ini banyak web yang menyediakan jurnal yang bisa di download secara gratis. Tapi, untuk mencari referensi di buku maupun di web penyedia jurnal, tidak semudah mencari hal umum di mbah google. Nah disini, saya mau share sedikit tips (yang saya peroleh dari kuliah dosen)  untuk mempermudah pencarian referensi, terutama untuk menemukan jurnal yang sesuai dengan penelitian kita. Bisa dimulai dengan journal search lalu dilanjutkan dengan journal review.

Journal search

Apa itu journal search? Journal search adalah tahap awal setelah kita menentukan topik atau ide penelitian kita. Setelah kita memiliki topik penelitian, kita harus menemukan kata kunci yang  digunakan untuk mencari jurnal yang sesuai dengan topik kita. Kata kunci ini sangatlah penting, karena jika kita salah memasukkan kata kunci, maka akan sangat sulit menemukan jurnal yang sesuai. Bagaimana cara mencari kata kunci? Ada sebuah contoh sederhana yang diberikan oleh dosen saya. Misalnya kita akan meneliti kepuasan pasien terhadap pelayanan di Rumah Sakit A. Maka kata kunci yang digunakan bisa kepuasan pasien, faktor yang mempengaruhi kepuasan konsumen, standar pelayanan di Rumah Sakit, dan lain sebagainya.

Setelah menemukan kata kunci, kita bisa mulai mencari jurnal di web penyedia jurnal. Dan jangan lupa, jika ingin yang tanpa bayar atau gratisan, atur filter jurnal dengan Open Acces Article. Hal ini dilakukan supaya hasil searching hanya menampilkan jurnal yang benar-benar gratis alias free. Nah, setelah menemukan jurnal yang sesuai, kita pasti akan langsung mendownloadnya. Kemudian, sesudah mendapatkan banyak jurnal, biasanya kita akan bingung, jurnal mana yang isinya tentang A? Hal ini karena judul file hasil  mendowload berupa angka atau nama penulis. Tips memudahkan yaitu, sebelum di simpan, kita ubah nama file menjadi judul jurnal.

Nah, jurnal sudah didapat, terus mau diapakan? Sebaiknya, jangan langsung dibaca satu persatu karena kurang efektif. Lebih baik jika dibuat ringkasan mengenai jurnal apa saja yang kita peroleh, sehingga memudahkan untuk memilah mana yang benar-benar sesuai mana yang tidak. Bentuk ringkasannya bisa beraneka ragam, tapi yang paling mudah dibaca dan ringkas yaitu berbentuk tabel. Contoh tabelnya seperti berikut

Author
Tahun
Judul
Tujuan
Metode
Hasil


















* Kita bisa menggunakan tabel yang lainnya, lebih lengkapnya bisa dicari di mbah google

Journal review

Setelah selesai membuat journal search, berarti kita sudah memutuskan jurnal yang sekiranya sesuai dengan topik kita, baru deh, kita bisa mulai membaca jurnal-jurnalnya. Tapi, kalau membaca jurnal sebanyak itu dalam sehari kan sepertinya sulit , jadi supaya lebih mudah (dari tadi biar mudah mulu perasaan wkwk), kita baca secara cepat dulu aja. Baca bagian abstrak atau pendahuluan dan kesimpulan atau hasil penelitian. Nah, biar gak lupa dengan hasil baca cepat kita tadi, bisa kita ringkas dengan membuat tabel journal review.

Sebenarnya tabel journal review hampir sama dengan tabel jurnal search tadi, tapi lebih detail dan dicantumkan hubungan antara jurnal dengan topik yang akan kita teliti. Misalnya jurnal tentang food preferance of consumen, sedangkan topik kita uji daya terima biskuit kacang merah. Nah berarti hubungan jurnal dengan topik kita adalah sebagai referensi faktor-faktor yang mempengaruhi pemilihan makanan dan daya terima konsumen, dan sebagainya. Di bawah ini contoh tabel journal review.

Judul dan tahun
Author
Tujuan
Metode
Poin penting/ hasil
Kaitan dengan topik
























* Kita bisa menggunakan tabel yang lainnya, lebih lengkapnya bisa dicari di mbah google

Yeay, selesai sudah satu tahap dalam melakukan persiapan penelitian. Untuk menyelesaikan suatu penelitian memang masih sangaaaat panjang perjalanannya. Tapi jika diawal kita sudah membuat proses yang benar, maka akan memudahkan proses selanjutnya sampai akhir. Sekian mengenai journal search dan journal review, semoga bermanfaat  ^_^

Komentar

Postingan Populer