Contoh Notulen Diskusi

Notulen Diskusi Kebersihan
Tanggal Diskusi                          :       29 Agustus 2013
Tempat Diskusi                         :       Kelas XII IPA 2 SMA 1 Wonosari
Waktu Diskusi                            :       Pukul 11.20 - 11.50 WIB
Tema Diskusi                              :       Pola Hidup Bersih Mendukung Pembentukan Karakter Siswa
Moderator                                  :       Fajar Ardian Sinatriya
Panelis                                          :       Ikrom Bashori, Claudia Darantika dan Fitri Fathonah
Peserta                                        :       Siswa Kelas XII IPA 2
Jumlah                                          :       29
Uraian Pelaksanaan Diskusi :       Diskusi yang berjalan selama 30 menit tersebut berjalan lancar dan cukup menarik antusias peserta diskusi untuk mengajukan pertanyaan ataupun tanggapan pada panelis.
Pertanyaan 1                             :       Tolak ukur kebersihan itu bagaimana? Kemudian bersih atau kotornya itu dilihat dari segi apa?
Pertanyaan 2                             :       Menilik kondisi lingkungan, siapa saja yang harus bertanggung jawab dalam menjaga kebersihan? Jika di kelas ada yang tidak bertanggung jawab menjaga kebersihan, siapa yang harus menertibkan?
Jawaban pertanyaan 1           :       Bersih tidaknya itu dilihat dari penampilan luarnya, biasanya yang terlihat itu menunjukan kepribadiannya. Bersih atau kotor tersebut dilihat dari tindakannya sehari-hari. Contohnya, kalau biasanya seseorang itu bersih tapi tiba-tiba ada yang kotor, bukan berarti dia merupakan orang yang tidak menjaga kebersihan.
Jawaban pertanyaan 2           :       Semua orang bertanggung jawab terhadap kebersihan lingkungan, kita dapat member contoh yang baik bagi orang-orang di sekitar kita untuk menjaga kebersihan lingkungan. Yang bertanggungjawab untuk menertibkan jika di sekolah khususnya di kelas yaitu, guru, wali kelas dan ketua kelas.

Kesimpulan                                  :       Kebersihan merupakan tanggung jawab kita bersama. Pola hidup bersih diterapkan dari hal-hal kecil dahulu sehingga menjadi kebiasaan dan kita menjadi orang yang disiplin serta taat aturan yang dapat membentuk karakter yang baik dalam diri.

Komentar

Postingan Populer