Contoh Laporan Hasil Diskusi

Laporan Hasil Diskusi
Pentingnya Membangun Nasionalisme melalui Budaya
1. Pendahuluan
            Seperti kita lihat akhir-akhir ini, globalisasi semakin marak terjadi di hampir semua negara berkembang, salah satunya di Indonesia. Globalisasi yang terjadi di Indonesia berdampak positif dan negatif. Salah satu dampak negative dari globalisasi tersebut yaitu menurunnya jiwa nasionalisme bangsa Indonesia khususnya para pemuda. Padahal nasionalisme sangat penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
            Oleh karena itu dibutuhkan solusi agar nasionalisme dapat ditumbuhkan kembali dalam jiwa seluruh bangsa Indonesia. Salah satu solusi tersebut yaitu membangun nasionalisme melalui budaya yang baik.
            Tujuan diskusi ini yaitu memberikan penjelasan tentang pentingnya membangun nasionalisme melalui budaya.
2. Nama Kegiatan
            Kegiatan yang dilaksanakan bertema “Pentingnya Membangun Nasionalisme melalui Budaya”.
3. Pelaksanaan
      Diskusi dilaksanakan pada
      hari        :   Kamis                 
      tanggal :   29 Agustus 2013
      waktu   :   pukul 10.30 - 11.20 WIB
      tempat :   kelas XII IPA 2 SMA 1 Wonosari

4. Panelis
            Panelis dalam diskusi ini berjumlah tiga orang yaitu Abrina Bima, Lega Hati Sekar Putrid dan Fandhi Abdillah  dari SMA 1 Wonosari.
5. Peserta
      Peserta terdiri dari guru bahasa Indonesia dan siwa-siswi kelas XII IPA 2. Jumlah keseluruhan peserta yaitu 29 orang.
6.  Uraian Singkat Diskusi
            Secara umum, diskusi berjalan lancar. Tema diskusi yang disampaikan oleh panelis pun sangat menarik, sehingga cukup banyak peserta diskusi yang mengajukan pertanyaan pada panelis. 
7. Hasil Diskusi
      Nasionalisme merupakan komponen yang sangat penting. Kita sebagai pemuda Indonesia harus memiliki jiwa nasionalisme yang tinggi. Namun akhir-akhir ini nasionalisme menurun yang menyebabkan cinta tanah air juga menurun. Contoh nyata dari hal tersebut yaitu pelanggaran yang sering terjadi dan kurangnya rasa hormat terhadap yang lebih tua. Dampak dari menurunnya rasa nasionalisme yaitu tidak menyukai produk buatan dalam negeri, gaya hidup mengikuti budaya barat dan sikap individualism. Contoh dari sikap individualisme yaitu jarang bersosialisasi dengan lingkungannya, seperti anak-anak yang biasanya bermain bersama, lebih suka bermain sendiri menggunakan gadget mereka.
      Untuk itu sebagai pemuda yang terpelajar, kita harus berpedoman pada bhineka tunggal ika, pancasila, UUD 1945, dan NKRI. Salah satu cara yang bisa dilakukan yaitu melakukan budaya perilaku yang menumbuhkan karakter yang baik dan jiwa nasionalisme seperti mematuhi aturan dan tata tertib, saling menghargai perbedaan, melakukan kegiatan yang menumbuhkan jiwa nasionalisme, membiasakan budaya-budaya yang baik dan saling bersosialisasi terhadap sesama. Kita juga dapat melakukan banyak kegiatan di sekolah seperti pentas seni budaya. Sehingga diharapkan seluruh bangsa Indonesia memiliki jiwa nasionalisme yang tinggi.
8. Penutup

            Jiwa nasionalisme merupakan komponen yang sangat penting, untuk itu kita harus memupuk nasionalisme dalam diri kita. Untuk memupuk jiwa nasionalisme dapat dilakukan dengan cara antara lain mematuhi aturan dan tata tertib, saling menghargai perbedaan, melakukan kegiatan yang menumbuhkan jiwa nasionalisme, membiasakan budaya-budaya yang baik dan saling bersosialisasi terhadap sesama. Kita juga harus memahami seluk beluk tentang bangsa kita, bangsa Indonesia untuk memupuk dan menjaga persatuan bangsa.

Komentar

Postingan Populer